Tips Biar Otak Tidak Ikut Lockdown

Budayabangsabangsa.com- Jakarta, Sejak terjadinya virus corona yang menyerang ke berbagai negara, membuat pemerintah setempat harus memberlakukan peraturan untuk tetap dirumah saja. Semua kegiatan dialihkan ke rumah masing-masing. Dan sistem kerja maupun belajar mengajar dipindahkan menjadi dari rumah melalui online. Tanpa disadari karena terlalu lama dirumah, biasanya orang-orang akan mudah lupa dengan kebiasaan sebelumnya.

Oleh karena itu, untuk menjaga kinerja otak tetap berfungsi dengan maksimal dan supaya organ tubuh juga dapat bekerja dengan baik, maka diperlukan pelatihan kembali dalam mengasahnya.

Kita bisa melakukan beberapa hal agar proses berpikir tetap maksimal dan tidak ikut lockdown seperti kondisi saat ini alias agar terhindar dari kata ‘lemot’.

 

Berikut ada tips biar otak tidak ikut lemot akibat kelamaan dirumah:

  1. Menambah Kosa Kata

Menambah kosa kata adalah sebagai cara untuk mengasah kinerja otak supaya bisa bekerja dengan baik dan mampu memperbaiki tata bahasa dalam berbicara.

Caranya bisa dengan membaca buku, berita, artikel dan quotes-quotes lainnya di internet. Seiring berjalannya waktu, ketika kita sering membaca maka kita akan lebih terbantu dalam mempertajam kekuatan memori otak serta menambah wawasan yang lebih luas.

  1. Mengulas Kembali Pelajaran Matematika

Supaya otak tetap bekerja dengan maksimal, kita perlu melatih kembali otak kita dengan mempelajari matematika. Jika dirasa matematika itu sulit, artinya otak kita dipacu untuk bisa berpikir dalam memecahkan sebuah masalah secara tuntas.

Dan metode ini sangat efektif dalam menjaga kestabilan kinerja otak tetap aktif. Tapi, harus tetap dalam batas wajar dan tidak memaksakannya untuk berpikir terlalu keras.

  1. Mencoba Hal Baru

Dalam hal ini, kita bisa mencoba sesuatu yang belum pernah kita lakukan. Misal, sebelumnya kita adalah orang yang tidak menyukai seni atau sejenisnya. Kita bisa coba lakukan sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan bagian otak dalam mengekspresikan diri secara non-verbal.

Dengan berkreasi kita bisa menjadi orang yang kreatif dan mampu mengembangkan keterampilan motorik halus serta berpikir analitis dengan sebaik mungkin. Salah satu contoh hal baru yang bisa kita lakukan adalah dengan memasak, menulis, bermain musik, dsb.

  1. Rutin Berolahraga

Selain kita bisa mencoba hal baru, kita juga bisa merubah pola pikir hidup kita supaya lebih sehat, yakni dengan rutin berolahraga.

Ketika berolahraga, seseorang akan menjadi lebih banyak gerak yang membuat tubuh bekerja secara aktif. Dan hal itu merupakan upaya dalam meningkatkan kinerja otak menjadi lebih fresh.

  1. Melakukan Kegiatan Secara Bersamaan (Multitasking)

Melakukan kegiatan yang sederhana secara bersamaan (multitasking) dapat melatih konsentrasi seseorang untuk bekerja secara optimal.

Contoh yang bisa kita ikuti dalam kegiatan ini adalah pekerjaan seorang ibu rumah tangga. Dimana para ibu rumah tangga mampu melakukan beberapa pekerjaan secara bersamaan, yaitu saat memasak, mencuci dan menjaga anak. Dan bisa dikatakan bahwa seorang ibu rumah tangga memiliki tingkat konsentrasi yang baik dalam melaksanakan pekerjaannya.

 

Nah itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk melatih meningkatkan kemampuan kinerja otak supaya tidak ikut ter-lockdown selama masa lockdown, karantina, dan arahan pemerintah lainnya untuk tetap dirumah aja, dan juga untuk menjaga otak tetap bisa bekerja secara optimal. (ZUN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*