Program Unggulan Kecamatan Ciracas Bersih BABS Tahun 2020

 

Budayabangsabangsa.com, Jakarta –  Sebanyak 800 petugas gabungan mengikuti apel akbar tingkat Kecamatan dalam rangka persiapan mewujudkan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Acara gabungan ini dipimpin langsung oleh Camat Ciracas.

Dalam sambutannya Camat Ciracas menghimbau kepada peserta apel, jangan sampai pernah Ciracas terlihat kotor dan jangan sampai Ciracas tidak aman.

“Jangan sampai Ciracas tidak bersih, tidak aman dan tidak tertib, kata Mamad disela-sela sambutannya, dihalaman Gor Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (04/03/2020).

Adapun petugas gabungan yang mengikuti apel. diantaranya, terdiri dari petugas Penanganan Prasarana Sarana Umum (PPSU) se-Kecamatan Ciracas, Suku Dinas Sumber Daya Air, Suku Dinas Bina Marga, Suku Dinas Lingkungan Hidup, FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat), para Ketua RW, LMK (Lembaga Musyawarah Kelurahan), tokoh masyarakat, dan tokoh agama.
Mamad menyebutkan, Kecamatan Ciracas masih belum banyak yang memiliki septic tank (tanki septik), sehingga Sanitasi Total Berbasis Masyarakat belum sepenuhnya terwujud. Ia berharap agar program STBM dapat mendukung gerakan `Ciracas Bersih BABS (Buang Air Besar Sembarangan) Tahun 2020`.

“Kita mempunyai target pembuatan 1000 septic tank,” jelasnya.

Pembuatan tangki septik akan menggandeng pemerintah seperti lain PD PAL Jaya, Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat), dan warga yang membuat mandiri di rumahnya masing-masing. Selain itu, bagi warga yang tidak mampu akan dilakukan donasi melalui sukarela dan CSR (Corporate Social Responsibility).

Ditempat yang sama Anggota DPRD DKI Jakarta Komisi E, M. Tamrin yang ikut hadir dalam acara apel gabungan tersebut. yang serta ikut menandatangani Komitmen Lintas Sektoral dalam rangka Stop BABS.

Thamrin mengatakan, keperihatinan nya atas adanya temuan warga yang masih melakukan BABS di kali atau sungai wilayah Ciracas. Karena itu, Ia pun berharap agar program STBM demi mewujudkan gerakan `Ciracas Bersih BABS Tahun 2020`.

“Saya berharap agar setelah adanya apel ini kita semua bisa memberikan masukan yang sipatnya membangun, agar tidak ada kejadian yang tidak diharapkan lagi,” tandas Thamrin

Penulis: Arman

Redaksi
About Redaksi 873 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*