Pembangunan Kantor Camat Tanjung Priok Tidak Rampung Walau Sudah Dibayar 100 Persen

Budayabangsabangsa.com – Jakarta, Senin.

Penerapan UU No.21 Tahun 2017 terkait Mangkraknya atau keterlambatan kontraktor dalam menyelesaikan oekerjaannya memang tidak dapat di Pidanakan kecuali ada memakan korban jiwa atau materi, tetapi dapat ditindak secara perdata dengan sangsi Pasal 120 Perpres no. 70 Tahun 2012 pasal 120 tentang pengadaan barang dan jasa dengan denda 1/1000 dari nilai kontrak setiap hari keterlambatan.

Meski molor, pembangunan gedung kantor Kecamatan Tanjug Priok, Kota Administrasi Jakarta Utara tetap dibayar seratus persen. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan Jakarta Utara, Retno Daru Dewi kepada awak media, Senin (28/1).

“Iya tetap dibayar 100 persen, dengan jaminan garansi bank dan akan kami cairkan bila penyedia (Kontraktor Pemenang Tender) menepati janjinya,” terangnya.

Retno mengatakan, pembayaran yang telah dilakukan seratus persen terhadap pemenang tender tersebut mengacu pada Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 134 Tahun 2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Daerah serta Penyelesaian Pekerjaan yang Tidak Terselesaikan Pada Tahun Anggaran 2018.

IMG-20190129-MB3-0003

“Sesuai Pergub 134 tahun 2018, kami mengacu Pergub di atas. Berita acara pemeriksaan pekerjaan kami buat di tanggal berakhir kontrak yakni 15 Desember 2018,” jelasnya.

Pada Pergub itu, kata Retno, penyedia melampirkan jaminan pembayaran asli sebesar nilai kontrak yang belum selesai. Selain itu, Penyedia harus memelilki saldo sebesar jaminan pada rekening bank penerbit jaminan.

IMG-20190129-MB3-0002

“Kemudian yang dimaksudkan dengan janji oleh penyedia (kontraktor) yakni bersedia untuk melaksanakn pekerjaan sampai selesai 100%. Dan untuk perpanjangan hari usai berakhir kontrak, mereka (kontraktor) tetap dikenakan denda sesuai Peraturan Presiden (Perpres) tentang barang dan jasa,” imbuhnya.

Seperti diketahui, hingga saat ini Kantor Kecamataan Tanjung Priok, Jakarta Utara belum ditempati. Namun dari Sabtu 26 Januari 2019 lalu para karyawan telah memindahkan sebagian barang-barang dari SOR Sunter, Kelurahan Sunter Jaya (Kantor Kecamatan Tanjung Priok Sementara).

Liputan zul dan tim.

Redaksi
About Redaksi 872 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*