Lurah Desa Cimungkal Himbau Tegas Warganya Yang Memaksa Pulkam

Budayabangsabangsa.com, Sumedang – Terkait isu Covid-19 atau yang biasa disebut Virus Corona, Kepala Desa (Kades) Desa Cimungkal, kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat wabil khusus kepada warganya yang sepulang merantau.

Menurut Lurah Desa Cimungkal, jumlah warganya yang merantau ke kota hampir 30%, iya menghimbau kepada kepada warganya yang baru datang dari rantau untuk mengurangi intraksi penduduk (social distancing).

“Kepada yang baru pulang mohon untuk mengurangi interaksi sosial, sayangi keluargamu. Kami mohon untuk kesadarannya agar menjaga jarak walaupun terhadap keluarga sendiri,” ungkap Dede Rustandi Spd., M.Si. saat dihubungi melalui pesan Whatsapp, Jakarta, Rabu (25/03/2020).

Ditambahkannya Dede Rustandi, menurutnya, warga yang terdata di Desa Cimungkal sebagai Orang Dalam Pantauan (ODP) lonjakannya sangat signifikan, dan kebanyakannya adalah orang yang pulang merantau.

“Sampai dinten ayeuna nu tos masuk laporan ka abi mah aya 73 orang. ‘sampai hari ini yang masuk laporan baru 73 orang’,” jelas Dede Rustandi yang sudah empat tahun menjabat sebagai Lurah.

Beliaupun menjelaskan, kepada setiap pendatang tanpa gejala, disarankan untuk isolasi diri selama 14 hari dan dipantau kondisi kesehatannya oleh Bides (Bidan Desa).

“Bisa via telpon untuk cek, ada atau tidak ada keluhan, Bila dalam 14 hari tersebut ada keluhan, maka Bides akan memeriksa dan mengkonsultasikan kepada team Puskesmas, Dokter,” imbuhnya.

Dede pun menegaskan, bila ditemukan demam lebih dari 38 celcius, batuk, pilek tanpa sesak, dianggap ODP. Tim Pusat Kesehatanan Masyarakat (PKM)
akan datang untuk konfirmasi apakah pasen tersebut sudah masuk dalam kategori ODP atau PDP (Pasen Dalam Pengawasan).

“Bila ternyata pasen tersebut masuk ke dalam kriteria PDP, maka tim PKM akan menghubungi 119. Pasen akan dijemput oleh ambulance khusus dari 119 untuk dilakukan isolasi dan pemeriksaan lebih lanjut,” tandasnya

Penulis: Arman

Redaksi
About Redaksi 853 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*