Inilah Penerima Adipura dan Green Leadership 2017-2018

Budayabangsabangsa.com, Jakarta–Program Adipura pertama kali digelar pada tahun 1986 yang bertujuan untuk mendorong kota-kota di Indonesia menjadi kota bersih dan teduh.

Di awal tahun 2019 ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) baru saja mengumumkan sekaligus memberikan anugerah Adipura kepada 146 penerima penghargaan yang terdiri dari 1 Adipura Kencana,  119 Adipura,  10 Sertifikat Adipura,  dan 5 Plakat Adipura serta Penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah kepada 11 Kabupaten/kota yang digelar di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Senin (14/1).

Selain Adipura, KLHK juga memberikan Green Leadership kepada 3 Gubernur, 6 Wali Kota,  dan 6 Bupati. Mereka adalah kepala daerah yang dinilai berhasil menunjukkan kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan kerja di daerahnya.

Green Leadership juga diberikan kepada Pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) tingkat provinsi dan Kabupaten/Kota. Mereka dinilai dari komitmen dalam penyusunan peraturan daerah masyarakat adat,  pengelolaan sampah dan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA).

Adapun  kriteria penilaian Adipura selain penghijauan juga adalah penanganan sampah.

Direktur Jenderal Pengelolan sampah,  Limbah dan B3 (PSLB3) KLHK,  Rosa Vivien Ratnawati menyebutkan, melalui program Adipura ini pemerintah kota dan kabupaten diharapkan dapat mendukung target pengelolaan sampah sebesar 100 persen pada tahun 2025 yang menjadi salah satu  strategi nasional pengelolaan sampah 2025 sebagaimana tercantum dalam Perpres No. 97 tahun 2017 tentang kebijakan strategi nasional (JAKSTRANAS) pengelolaan sampah.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini Raih Penghargaan Raih Penghargaan Green Leadership
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini Raih Penghargaan Green Leadership 2018

Berikut Daftar Peraih penghargaan Adipura dan Green Leadership tahun 2017-2018.

Kota Metropilitan : Tangerang dan Palembang
Kota Besar : Balikpapan,  Padang,  Banjarmasin.

Kota Sedang : Kudus,  Banjarbaru, Pare-pare, Jombang, Blitar,  Mojokerto, Tulungagung, Madiun, Bukittinggi, Bau-bau, Ambon, Bitung,  Sukabumi,  Palopo,  Bontang, Kediri, Kendari,  Payakumbuh, Jepara, Magelang,  Salatiga, Tebing Tinggi,  Tanjung Balai Karimun, Lumajang, Pasuruan, Tanjung Pinang,  Probolinggo, Jayapura, Purwokerto,  Cilacap dan Lahat

Peraih Green Leadership “Nirwasita Tantra” 2018

Tingkat Provinsi : Gubernur Jawa Timur,  Gubernur Sumatera Barat, Gubernur Sumatera Selatan.

Tingkat Kota : Walikota Surabaya, Wali Kota Tangerang, Wali Kota Cimahi, Surakarta,  Bontang dan Payakumbuh.

Tingkat Kabupaten : Bupati Lumajang,  Bandung,  Pesisir Selatan,  Boyolali, Bangka Tengah dan Dharmasraya.

Redaksi
About Redaksi 872 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*