Karawitan oleh Santri Ma’had Al-Zaytun 1 Syuro Muharram 1444 H dengan Pesan Mari Kita Ciptakan Indonesia Kuat

Budaya Bangsa – Bangsa|Karawitan Ma’had Al-Zaytun turut memeriahkan perayaan 1 Syuro 1444 Hijriah di Ma’had Al Zaytun, Sabtu 30 Juli 2022.

Salah satu pendidik Al-Zaytun yakni Ustaz Hartono menyampaikan bahwa karawitan dilaksanakan oleh santri dan guru Ma’had Al-Zaytun memilki filosofi tersendiri dan makna yang sangat terhormat dalam pandangan Syaykh Dr. Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang .

Ustaz Hartono menyampaikan seni karawitan selalu dilibatkan pada acara 1 Muharram 1444 H, seni karawitan itu sendiri diberi nama oleh Syaykh Dr. Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang yaitu ‘Seni Kerawitan Purnama Asia Tenggara’.

Seni karawitan ini digawangi oleh beberapa kru yang terdiri dari beberapa level dari perguruan tinggi, madrasah aliyah, tsanawiyah dan juga ibtidaiyah serta para guru dan karyawan.

Di Al-Zaytun seni karawitan ini sudah ada sejak tahun 2005 yang dimainkan oleh para alumni, pada penampilan perdana 1 Januari 2005 Tim seni karawitan dibentuk oleh syaykh sejak tahun 2005 Lebih tepatnya pada tahun akhir. Kemudian setelahnya Hartono menyampaikan seni karawitan dalam sejarah Sangat jauh sekali Dalam sejarah sebelum seni karawitan ada, sudah ada namanya “Gong” Itu di massa dinasti Syailendra Gong itu diciptakan untuk mengundang pada masa itu untuk mengundang ritual tertentu kalau sejak zaman dulu itu dinamakan Gong yaitu kata gamelan di era moderen. Kemudian di masa Majapahit mulai dilengkapi dengan peralatan lain.

Hrtono lebih lanjut menyampaikan, seni karawitan atau materi dalam seni karawitan adalah pada 1 Syuro atau  Muharam 1444 H terdiri materi lebih menyesuaikan materi pelatihan. Untuk  materinya terdiri dari zikir, Gending, seni dan topo Broto dan tombo ati seni karawitan dilakukan oleh kru seni karawitan itu sendiri.

Adapun materi – materi lainya selanjutnya disesuaikan dengan levelnya masing – masing. Santri Ma’had Al-Zaytun itu sendiri.  Seni karawitan bertujuan agar generasi muda mencintai seni budaya sendiri.

Pada massa wali songo karawitan ini digunakan sebagai sarana dakwah

Hartono merupakan Alumni Fakultas Dakwah Prodi PGMI IAI AL AZIS.

(Fjr)

Red
About Red 1005 Articles
Jurnalis Media Umum Independen Budaya Bangsa Bangsa

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*