Cara Unik Mengemas dan Membagikan Daging Kurban

 

Budayabangsabangsa.com, Bogor. Hari Raya Idhul Adha 10 Zulhijjah 1439 Hijriah atau bertepatan dengan Rabu 22 Agustus 2018, Yayasan Mandiri Amanah merayakannya dengan cara unik. Lembaga sosial yang beralamat di RT 001 RW 002 Kampung Cimenyan Desa Sirnajaya Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor setiap tahun rutin melakukan pemotongan hewan Kurban. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini perayaan dilakukan secara besar-besaran dan rapih.

Warga pun terlihat antusias terlibat sebagai panitia Kurban. dukungan dari aparatur desa setempat dengan hadirnya Kepala Desa Sirnajaya, Idim Dimyati didampingi ketua RT 001/002 Akhyar Bachtiar dan tokoh masyarakat lainnya.

“warga Desa Sirnajaya sangat senang dengan adanya kurban di sini, warga antusias terlibat menjadi panitia pada penyelenggaraan Kurban,” ujar Akhyar.

Akhyar berharap Kurban ini menjadi berkah bagi seluruh warga desa Sirnajaya. Ada 2 ekor sapi dan 16 ekor domba yang dipotong dan dibagikan ke warga sekitar.

_IMG_000000_000000_1535145441837_1535145544683

Dwi menambahkan, penggunaan besek ini selain ramah lingkungan juga efisien karena wadah ini bisa digunakan kembali untuk tempat menaruh bumbu dapur atau yang lainnya. Kalau pakai kantung plastik, hanya sekali pakai juga tidak ramah lingkungan (sampah plastik tidak akan terurai oleh alam-red)

“wadah ini nantinya bisa digunakan kembali oleh warga di rumah untuk menaruh bahan-bahan yang ada di dapur,” kata Dwi.

IMG_0699

Dwi Cahyono bersilaturahmi ke rumah tokoh masyarakat setempat
Dwi Cahyono bersilaturahmi ke rumah tokoh masyarakat setempat

selain itu, warga kata Dwi, tidak perlu antri berjam-jam di lokasi untuk mendapatkan daging kurban karena panitia akan mengantarkan besek yang berisi daging Kurban ke rumah-rumah warga.

“Dengan begitu, warga tidak perlu susah-susah antri tapi cukup duduk manis di rumah, karena panitia akan membagikan langsung ke rumah-rumah warga yang berhak menerima,” ujarnya.

Berbagai praktik unik dilakukan Yayasan Mandiri Amanah satu sisi merupakan wujud kepedulian terhadap lingkungan hidup di sisi lain, bagian dari pendidikan dan pemberdayaan kepada warga Desa Sirnajaya khususnya yang tinggal di RT 001 RW 002 Kampung Cimenyan.

 

 

 

Redaksi
About Redaksi 873 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*