Banyak Warga Datang Bertanya Bansos, Lurah Nurdin Temui Warga

Budayabangsbangsa.com, Bekasi – Banyak warga Kota Bekasi yang masih bingung terkait informasi Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19.

Jenis bantuan sosial yang akan diterima,  dari mana sumbernya dan cara mengecek data penerima bansos secara online.

Kisruh ini sampai ke telinga Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi yang membuatnya angkat bicara. Dalam keterangan tertulisnya yang tersebar melalui aplikasi perpesanan Humas Pemkot Bekasi, Minggu 19 April 2020 Rahmat menjelaskan secara detail jenis bantuan sosial, sumbernya, jumlahnya, dan cara mendapatkannya.

Menurut Walkot, bantuan sosial yang akan diterima warga Bekasi berasal dari 3 sumber/lembaga/instansi antara lain Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Bekasi itu sendiri.

Pertama, bantuan dari Pemerintah Pusat (Bapak Presiden) datanya diambil dari Data terpadu kesehjateraan Sosial (DTKS) Kementrian Sosial RI. Nominalnya sebesar Rp600 ribu yang diberikan langsung ke warga melalui jasa Kantor POS (wesel). Bantuan ini belum cair.

Kedua, bantuan dari Gubernur Jawa Barat dalam berupa dalam bentuk  Sembako seharga 350 ribu dan Uang tunai Rp 150 ribu. Jumlah warga penerima sebanyak sekira 27.827 KK (Kepala Keluarga) se Kota Bekasi.

Bantuan ini sudah berjalan ke Warga sejak tanggal 17 April 2020. Bantuan ini akan dikirim langsung ke rumah warga melalui kantor pos.

Ketiga, bantuan dari Pemerintah Kota Bekasi dalam bentuk sembako yang isinya tidak sebesar bantuan dari Presiden dan Gubernur.

“Karena keterbatasan kemampuan keuangan Daerah,” tulis Rahmat.

Isi bantuan dari Pemkot diantaranya Beras 5 kg, 7 buah mie instan,1 Kaleng Sarden, 1 Botol kecil Kecap dan Saos, dan ada beberapa produk UMKM. Warga hanya akan menerima salah satu  dari tiga jenis bansos tersebut tidak boleh double apalagi triple.

Sekel Edi Junaedi menjelaskan Soal Bansos ke warga yang datang ke kantor kelurahan Jakasampurna, Senin (20/4/2020). Foto : Mht
Sekel Edi Junaedi menjelaskan Soal Bansos ke warga yang datang ke kantor kelurahan Jakasampurna, Senin (20/4/2020). Foto : Mht

Sementara pantauan di Kantor Kelurahan Jakasampurna, Senin (20/4/2020) pagi hingga sore hari banyak warga yang datang menanyakan soal bansos.

Salah satunya Supinah warga RT 5 RW  21 Kelurahan Jakasampurna yang bingung harus menanyakan kepada siapa soal bansos tersebut. Dia akhirnya langsung ke kantor kelurahan.

Dia kelurahan,  Supinah dan warga lainnya ditemui langsung oleh Lurah Jakasampurna Nurdin bersama Sekretarisnya Edy Junaedi.

Supinah dan warga lainnya akhirnya puas dengan jawaban yang disampaikan Sekel Edy yang penjelasannya sama dengan apa yang disampaikan Wali Kota Rahmat Effendi.

Sementara itu, Nurdin Lurah Jakasampurna menjelaskan,” bantuan telah mulai kami salurkan, ini semua untuk mengantisipasi dampak PSBB terhadap ekonomi masyarakat di Jakasampurna ini warga tidak perlu khawatir, RT dan RW di wilayah kami semua bekerja, insyaallah tidak ada istilah salah sasaran.”

Ia menambahkan, warga yang penasaran dan belum yakin silahkan datang langsung ke kelurahan, kami akan layani dengan baik,” jelas Nurdin di kantornya, Senin (20/4/2020).

Sebagai bahan evaluasi, lanjut Nurdin pendistribusian bansos akan dilakukan validasi data penerima bantuan sosial oleh kelurahan dibantu Satgas Pamor/Satlinmas dibantu ketua RW dengan menyiapkan tanda terima KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang dilampirkan Foto Kopi KK dan KTP, KPM serta dilakukan penempelan stiker bagi Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Sosial Terdampak Covid-19 di rumah warga.

Bagi warga yang hendak mengecek nama penerima bansos baik Pusat, Provinsi dan Kota bisa mengakses di link www.bansoscovid19.bekasikota.go.id. (red)

Redaksi
About Redaksi 858 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*