Apresiasi dan Harapan Ketua Umum BPI KPNPA RI Terhadap Kapolri Baru

Budayabangsabangsa.com, Jakarta – Ketua Umum Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara & Pengawas Anggaran RI (BPI KPNPA RI)  Tubagus Rahmad Sukendar S.Sos.SH mengapresiasi terpilihnya Kapolri baru Komisari Jendral  Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Tubagus menyadari bahwa akan banyak Pekerjaan Rumah (PR)  berat yang harus di tuntaskan Kapolri ke depannya guna mengembalikan jati diri Polri yakni melayani, melindungi ,mengayomi dan profesional.

“Polri harus benar diterapkan netralitasnya karena sudah ada pesimistis di mata masyarakat bahwa Hukum itu hanya tajam ke bawah dan tumpul keatas,” kata Tubagus.

Tubagus menambahkan, jangan lagi ada keberpihakan kepada Penguasa dan Para Cukong jadi harus mengubah paradigma Polri agar mendapat dukungan legitimasi kepercayaan dari masyarakat dapat tumbuh kembali.

Selanjutnya, kata Tubagus polisi harus bisa menjadi garda terdepan memberi contoh kepada masyarakat dengan tidak menempatkan hukum berlaku hanya bagi masyrakat kecil dan tidak berlaku bagi masyarakat yang kalangan atas,  jadi hukum itu tajam ke bawah dan tumpul ke atas harus bisa di hilangkan.

Harus dibuktikan bahwa polisi tak pandang bulu dalam penegakkan hukum sehingga warga masyarakat pencari keadilan mendapat kan hak yang sama dimata hukum.

Lebih lanjut, harap Tubagus, jangan ada  polisi hanya jadi backing cukong dan kaki tangan pengusaha karena masih banyak oknum polisi yang sudah tidak lagi memposisikan sebagai abdi masyarakat  namun lebih sebagai herder dari penguasa dan para cukong itu banyak terjadi didaerah daerah.

Kapolri, Tubagus menambahkan, harus lebih fokus pada bidang keamanan dan ketertiban masyarakat  daripada mengurusi politik , kinerja terbaik harus ditunjukkan dengan prioritas Korupsi dan pungli berkurang drastis, narkoba berkurang, kriminalitas berkurang, dan yang utama adalah kepastian hukum harus jelas.

Polri harus lebih humble tetapi tetap tegas. TB Rahmad Sukendar memuji makalah dan presentasi Listyo Sigit Prabowo di saat uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di komisi III DPR RI Beberapa hari  lalu telah memberikan jawaban yang  memang menjadi harapan dan tumpuan bagi  masyarakat kita sangat mengharapkan penegakkan hukum harus jelas dan ditegakkan berbasis rasa keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat dalan konteks penegakkan hukum.

“Itu harus benar benar dirasakan masyarakat dan  polri harus  bisa mewujudkan sebagai lembaga penegak hukum yang adil dan profesional serta terjaga Netralitas nya  hukum itu harus tajam keatas dan tumpul kebawah  terutama yang harus menjadi atensi dan perhatian Kapolri adalah dibidang Reserse , Lalu Lintas, SDM dan Logistik karena disanalah banyak terjadi Korupsi berjamaah oknum semoga saja dengan hadir nya Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri akan membawa perubahan di tubuh Polri, ” tandas TB Rahmad. (Sastra)

Redaksi
About Redaksi 910 Articles
Jurnalis Media Umum Independen Budaya Bangsa Bangsa

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*