Sigit Wijatmoko Wali kota membahas penanganan dan penanggulangan banjir di wilayah Jakarta Utara.

CYMERA_20210115_130358

Budayabangsabangsa.com Jakarta Utara,
Dalam menghadapi musim penghujan saat ini, penanggulangan banjir yang dilakukan diantaranya pembangunan pompa dan pengerukan saluran serta naturalisasi kali dengan harapan tidak ada lagi genangan di wilayah Jakarta Utara, ujarnya Sigit Wijatmoko Wali Kota Jakarta Utara didampingi Kasudin SDA Jakut(14/1/2021).

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara Adrian Maulana menjelas,  pada tahun 2021 kegiatan yang difokuskan bersifat pemeliharaan rutin dan penambahan pompa air serta revitalisasi yang dilakukan oleh pasukan biru (PJLP).

“Seperti diketahui wilayah Jakarta Utara ini kultur tanah dibeberapa wilayah tanahnya berada di bawah permukaan laut. Jadi tergantung pada pompa iar, makanya di tahun 2021 ini lebih memfokuskan pada revitalisasi pompa” kata Adrian.

Selain itu kata Adrian, ada beberapa proyek strategis Dinas SDA DKI Jakarta yang sangat membantu penanggulangan banjir diwilayah Jakarta Utara. Adapun proyek strategis tersebut diantaranya penambahan rumah pompa di Muara Angke, Penjaringan.

penambahan Pompa di Muara Angke dengan kapasitas dari 500 liter/detik menjadi 1000 liter/detik, kemudian revitalisasi pompa waduk Sunter Utara kapasitas 3300 liter/detik menjadi 3500/detik.

Kemudian, revitalisasi pompa Rumah Pompa Kodamar Kelapa Gading Barat dari 1000 liter/detik menjadi 2000 liter/detik.dan revitalisasi pompa di Rumah Pompa Mangga Dua sisi utara dari kapasitas 1300 liter/detik menjadi 2000 liter/detik.

“Diharapkan dengan penambahan pompa tersebut dapat menanggulangi banjir diwilayah Jakarta Utara sehingga Jakarta Utara bebas dari banjir,” tandasnya.(zul/tim)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*