5 Kota Dengan Pedestrian Terbaik Dan Ternyaman Bagi Pejalan Kaki

Ditengah pandemi COVID-19 seperti saat ini, semua pengguna jalan umum dianjurkan untuk mengubah pola hidup lebih sehat dengan banyak bergerak, contohnya ialah jalan kaki. Karena dengan berjalan kaki akan lebih mengurangi penyebab polusi yang disebabkan oleh kendaran motor dan mobil.

Tahukah kamu bahwa di berbagai kota di Indonesia kini telah menyediakan jalan khusus (pedestrian/trotoar) bagi pejalan kaki. Dan pedestrian ini di desain menjadi lebih unik, supaya pejalan kaki bisa menikmati perjalanannya dengan nyaman dan aman. Dan tentunya tak kalah dengan trotoar yang ada di Eropa atau Amerika.

Berikut 5 kota dengan pedestrian terbaik dan ternyaman di Indonesia yang telah dirangkum dari berbagai sumber, yuk simak!

  1. Bogor

bogor

Kota yang disapa sebagai kota hujan ini memiliki pedestrian yang baik, dengan banyaknya pohon rindang yang membuat suasana lebih nyaman dan membawa kesejukan bagi para pejalan kaki. Pedestrian ini biasa ditemukan di Jalan Sudirman sampai ke Istana Bogor dan terdapat air mancur sepanjang jalannya. Kemudian, dari Stasiun Bogor sekarang juga bisa hanya dengan berjalan kaki menuju Kebun Raya Bogor. Sambil menikmati perjalanan, pejalan kaki juga bisa melihat rusa-rusa Istana Bogor.

  1. Jakarta

Jakarta

Baru-baru ini Daerah Khusus Ibukota Jakarta telah merevitalisasi jalur pedestrian bagi kenyamanan dan keselamatan seluruh pejalan kaki di Jakarta. Salah satu hasil revitalisasi trotoar yang dijadikan percontohan ada di Jalan Sudirman-MH. Thamrin. Dan trotoar ini di desain ramah bagi para penyandang disabilitas, termasuk adanya pelican crossing antar trotoar di sisi barat dan timur.

Jalur pedestrian di Jakarta tidak sekedar untuk menjadi penghijauan dan penyerap polusi di tengah kota, melainkan juga sebagai sarana edukasi dan pusat budaya interaksi warga.

  1. Solo

solo

Solo merupakan kota pertama yang sadar dalam membangun pedestrian yang ramah bagi pejalan kaki. Pedestrian yang ada di solo terdapat di Jalan Slamet Riyadi Solo dikenal sangat nyaman untuk berjalan kaki. Di sepanjang jalan di setiap beberapa meter terdapat kursi taman yang nyaman untuk beristirahat. Dan saat menyusuri jalan sepanjang 3,5 km ini, kamu bisa menemukan beberapa tempat wisata, seperti Taman Sriwedari dan Museum Radya Pustaka Surakarta.

  1. Bandung

Bandung

Jalan Asia-Afrika merupakan jalan yang menjadi saksi tokoh-tokoh besar dalam perundingan konferensi Asia-Afrika adalah jalur pedestrian terbaik di kota Bandung.

Pedestrian lain yang wajib kamu kunjungi ialah Alun-alun, Masjid Agung, Kantor Pos, hingga Jalan Braga dan wilayah Balai Kota. Di jalan tersebut kamu akan disuguhkan segala cita rasa yang akan membuatmu nyaman seperti adanya bangunan-bangunan karya arsitektur peninggalan Belanda. Lalu ada juga di Jalan Ir. H. Juanda (Dago) hingga Jalan Riau yang diujungnya terdapat Gedung Sate.

  1. Yogyakarta

Malioboro

Siapa yang tak mengenal kota ini? Jalanan di Malioboro yang menjadi tempat favorit bagi para pengunjung dari berbagai daerah dan luar negeri kini semakin nyaman untuk ditapaki.

Di jalan tersebut disediakan bangku-bangku taman untuk menarik para wisatawan duduk santai sejenak untuk melepas penat dan supaya dapat menikmati suasana sepanjang Jalan Malioboro. Bagi para pengunjung di Jalan Pedestrian Malioboro rasanya tidak ‘pas’, jika belum mengabadikan momen tersebut untuk dibawa pulang dan diceritakan kepada keluarga dan sanak saudara.

Nah, itulah pedestrian terbaik yang berada di kota-kota Indonesia. Dengan diadakannya pedestrian atau trotoar di kota-kota tersebut mampu meningkatkan daya tarik bagi pengunjung dan juga kenyamanan bagi masyarakat yang menyukai budaya jalan kaki.

(ZUN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*