Yayasan GIS dan POLSEK Purwasari, Adakan Penyuluhan Narkoba dan Kenakalan Remaja.

Yayasan GIS dan POLSEK Purwasari, Adakan Penyuluhan Narkoba dan Kenakalan Remaja

Budayabangsabangsa.com-Karawang. Ahad (4/12/2016) dipagi hari sekelompok orang di Dusun Kedung sari, Desa Cengkong, Kecamatan Purwasari sudah bersiap-siap, mereka adalah panitia pelaksana penyuluhan bahaya narkoba dan kenakalan remaja.

Yayasan Gema Indonesia Sejahtera (GIS) bekerja sama dengan Kepolisian Sektor Purwasari. Yayasan GIS bergerak di bidang sosial dan pendidikan dan sudah tiga tahun rutin memberikan santunan dan tidak kurang dari lima puluh anak yatim dan piatu dan juga dhuafa di lingkungan dusun Kedungsari.

Sebelum Acara penyuluhan dilaksanakan, diawali dengan kegiatan istighotsah yang dipimpin ustadz Arif yang merupakan pengurus Yayasan.
dilanjutkan dengan samburtan ketua panitia Hariyanto, dan Ketua Umum Bapak Wahyu Widodo S.Ikom, selanjutnya Kepala Desa Cengkong Bapak Santo.

Tibalah pada giliran acara yang dinanti anak-anak yaitu penyuluhan dari Polsek Purwasari Karawang Aiptu Endang Edi Purnama selaku Kanit Babinmas Kecamatan Purwasari. Dalam penyampaiannya mengenai kenakalan remaja yang semakin hari semakin luas baik dalam bentuk perilaku atau kegiatan pacaran sampai dengan tawuran atau perkelahian, hal ini bisa terjadi dengan banyak faktor baik dari lingkungan, pergaulan atau juga lengahnya pengawasan orang tua sebagai penaggung jawab utama, adapun sekolah yang rata-rata Cuma sampai dengan siang hari tentu juga tidak bisa dengan penuh melakukan pengawasan ini. Anak bisa disebut remaja menurut Endang Edi bila setidaknya berumur dua belas tahun namun juga masih digolongkan atau dikelompokan menjadi beberapa kelompok lagi karena keterkaitan dengan sangsi tindak pidana.

Penyuluhan Narkoba dan Kenakalan Remaja oleh Aiptu Endang Edi Purnama selaku Kanit Babinmas Kecamatan Purwasari
Penyuluhan Narkoba dan Kenakalan Remaja oleh Aiptu Endang Edi Purnama selaku Kanit Babinmas Kecamatan Purwasari

Selanjutnya mengenai bahaya narkoba Endang Edi menjelaskan apa itu narkoba baik dilihat dari sisi masyarakat penegak hukum atau dari sisi medis yang tentu sangat berbeda karena dengan beberapa jenis tertentu dan kadar yang sudah ditentukan dokter, narkoba bisa bermanfaat dalam dunia kedokteran.

Dalam penyampaiannya jangankan untuk menjadi seorang pejabat, pengusaha atau bahkan Presiden semua akan otomatis gagal bila seseorang sudah terkena atau memakai narkoba, bahkan Endang Edi juga tidak memungkiri bahwa oknum dari kepolisianpun ada yang terlibat tentang penyalahgunaan narkoba ini, tapi dia menyatakan bahwa dirinya akan siap diperiksa baik urine atau yang lainnya kapan saja karena yakin tidak akan pernah memakainnya makanya dia dengan percaya diri menyampaikan penyuluhan ini dimanapun juga, dalam akhir penyuluhan yang kira-kira selama satu jam itu Aiptu Endang Edi berharap anak-anak SMPIT GIC ataupun anak-anak yatim binaan YGIS selalu mewaspadai oknum-oknum yang memanfaatkan anak-anak sebagai kurir atau menjadikan mereka sebagai sasaran untuk mengkonsumsinya, karena tentu saja akan sangat merusak baik mental ataupun fisik mereka bahkan bisa berakibat dengan kematian. Tandasnya.

Pada sambutan Ketua Umum Bapak Wahyu Widodo S.Ikom menyampaikan bahwa yayasan yang dikelolahnya mempunyai Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu yang diberi nama SMPIT Gema Insan Cendekia ini bertekat dan bercita-cita mencetak generasi yang terbaik, dan manusia yang unggul dan siap bersaing dikancah dunia global dengan akhlakul karimah atau budi pekerti yang baik.

SMPIT GIC yang baru mempunyai siswa dua angkatan ini juga menerapkan pembelajaran tanpa biaya pendidikan artinya siswa tidak dipungut biaya apapun bila bersekolah disini, kedepan SMPIT GIC juga merancang system subsidi silang karena harus siap untuk menghadapi perkembangan baik kemajuan institusi sekolahnya ataupun kebutuhan masyarakat sekitar.

Santunan Yatim piatu dan dhuafa oleh Yayasan GIS
Santunan Yatim piatu dan dhuafa oleh Yayasan GIS

Selain dari pada itu Ketuan umum YGIS juga sangat berharap lulusan dari SMPIT GIC atau anak yatim binaan YGIS ini menjadi manusia yang sehat jasmani dan rohani maka daripada itu salah satu kegiatan yang dilakukan hari ini adalah dalam rangka mengarah kesana (Red), semoga dengan penyuluhan ini anak-anak sadar akan begitu bahayanya narkoba dan kenakalan remaja.

Acara ini berlangsung dari jam 8;30 WIB pagi sampai dengan pukul 11;15 WIB Berakhir ditandai dengan pembacaan doa dan pemberian santunan uang tunai dan seperangkat alat sekolah yang dibagikan kepada seramai 50 orang terdiri dari anak-anak yatim piatu binaan Yayasan Gema Indonesia Sejahtera .

(Hariyanto

Redaksi
About Redaksi 534 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

7 Comments

  1. Semoga selalu bisa memberikan manfaat untuk masyarakat dan bangsa Indonesia melalui program2nya, sukses selalu untuk Yayasan Gema Indonesia Sejahtera dan SMPIT Gema Insan Cendekia…

  2. Terima kasih kepada Yayasan Gema Indonesia Sejahtera untuk terus berkarya mencetak generasi penerus bangsa yang mempunyai Ahlaq Ilmu dan Iman dan yang bisa menciptakan Toleransi dan Perdamaian Dunia di Abad yang akan datang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*