Ternyata, Anak Lebih Rentan Mengalami Stres!

Budayabangsabangsa.com- Jakarta

Stres merupakan reaksi tubuh yang dapat muncul diberbagai kondisi seperti sedang mendapatkan ancaman, tekanan, atau sesuatu perubahan yang terjadi, bahkan bisa mengakibatkan seseorang itu merasa putus asa, gugup, marah atapun bersemangat. Stres tidak hanya datang pada orang dewasa saja, tetapi anak-anak pun bisa mengalaminya. stres pada anak mungkin memang tidak mudah diketahui, karena mereka juga tidak tahu apa yang sedang mereka rasakan dan alami. Tetapi ada berbagai tanda gejala stres pada anak yang dapat kita ketahui, yaitu:

1. Mengalami gangguan tidur.
2. Perubahan nafsu makan.
3. Emosi yang sering berubah-ubah.
4. Sulit berkonstrasi terutama saat belajar.

Apa sih yang membuat anak-anak stres? Padahalkan mereka hanya anak-anak, yang tidak punya beban masalah atau hal-hal yang sering di alami oleh orang dewasa. Itu salah, justru anak-anaklah yang lebih rentan terkena stres dibandingkan dengan orang dewasa, karena mereka belum belajar bagaimana cara yang efektif untuk menyelesaikan masalah disegala situasi yang mereka alami. Untuk itu mari kita kenali Penyebab stres pada anak, seperti:

1. Aktivitas yang terlalu padat
Terkadang orang tua ingin anaknya mengikuti berbagai aktivitas dan kegiatan apapun yang terdapat di sekolahnya, itu justru sangat berisiko membuat anak kelelahan. Kesibukan itu membuat anak tidak memiliki waktu bersantai dan bermain yang mengakibatkan anak berisiko mengalami stres.

2. Intimidasi
Intimidasi atau bullying yang di alami anak, baik yang verbal maupun nonverbal berisiko membuat anak merasa tertekan. Berikanlah dukungan pada anak agar dia lebih percaya diri dalam menjalani hari-harinya disekolah ataupun lingkungannya.

3. Perceraian orang tua
Ketika orang tuanya bercerai, anak mengalami perubahan yang besar dalam hidupnya karena mereka harus memilih salah satu orang tuanya dan berpotensi membuat anak menjadi bingung dan tertekan. Untuk itu jelaskan secara baik dan mudah untuk dipahami oleh anak mengenai perceraian. Bahwa bercerai bukan berarti berpisah sama sekali.

Pengaruh stres pada tumbuh kembang anak sangatlah besar dan berisiko, karena berdampak buruk terhadap jiwa raganya dan masa depannya. Selamat Membaca dan Semoga Bermanfaat.

(ASN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*