Teknologi Menjadi Faktor Utama Untuk Kemajuan Negara

Budayabangsabangsa.com – Jakarta

Dikehidupan yang kita jalani saat ini, semuanya tidak lepas dari perkembangan teknologi yang membuat gaya hidup manusia menjadi lebih mudah, efisien dan lebih praktis. Dalam perkembangannya, hampir setiap negara adidaya terus bersaing dan berlomba-lomba untuk menciptakan teknologi yang lebih modern dan mampu memberikan manfaat lebih bagi para konsumen di seluruh dunia.

Beberapa nama negara yang memiliki kemajuan di bidang teknologi :

jepang1. Jepang
Siapa yang tidak tahu dengan negeri sakura ini, telah banyak teknologi modern buatan Jepang. Hampir seluruh negara didunia saat ini menggunakan produk-produk otomotif dan elektronik yang berasal dari Jepang. Seperti yang telah kita kenali dan kita manfaatkan produknya ialah Toyota, Yamaha, Honda, dan lain sebagainya. Dan beberapa tahun terakhir Jepang sedang memfokuskan diri dalam bidang pembuatan robot, dan salah satu robot buatan Jepang yang telah terkenal adalah robot Humanoid ASIMO yang canggih.

huawei2. China
Selain Jepang, China pun tidak mau ketinggalan, negara yang kini tengah berevolusi menjadi negara maju telah membuka diri dan menunjukkan kepada dunia sebagai salah satu negara terkuat di dunia dalam beberapa aspek, termasuk teknologi. Salah satu teknologinya ialah smartphone yang bermerek Huawei. Dan diperkirakan Huawei akan menguasai sekitar 40-60% jaringan di seluruh dunia.

as3. Amerika Serikat
Sejak abad ke-19 Amerika Serikat telah menjadi pemimpin dalam riset ilmiah dan inovasi teknologi. Saat ini, AS sangat berperan besar dalam mengembangkan Internet yang mana pendanaan dan pengembangannya berasal dari sektor swasta.
AS merupakan negara maju yang sangat baik dalam sistem pengoprasian teknologi di bidang transportasi. Amerika Serikat juga merupakan pasar mobil terbesar kedua di dunia (setelah RRC).

jerman4. Jerman
Negara yang satu ini juga sangat berpengaruh dalam kemajuan bidang teknologi. Jerman sangat mengapresiasi terhadap sebuah riset atau penelitiannya kepada para ilmuannya. Hal ini yang memicu para peneliti untuk terus menemukan penemuan baru di Jerman. Dan tidak lupa Jerman juga telah menjadi pionir dalam inovasi perkembangan teknologi.

korsel5. Korea Selatan
Negara Korea Selatan juga telah melakukan pengembangan di bidang teknologi yang bersamaan dengan negara tetangganya Jepang, telah bertahun-tahun dikenal dengan rancangan-rancangan cerdas dan mutakhirnya. Kedua negara ini sama-sama membuat robot yang mana fungsinya sebagai perangkat otonom untuk membantu manusia.

swedia6. Swedia
Dari sisi negara yang warganya paling banyak memanfaatkan teknologi, Inggris tertinggal jauh. Bahkan Amerika Serikat sendiri tertinggal dari Swedia yang merupakan negara yang paling banyak memanfaatkan teknologi, karena Negara Swedia sebagian besar pemimpinnya di sektor farmasi dan telekomunikasi.

finlandia7. Finlandia
Negara yang terletak dibagian tengah bumi dan masuk ke dalam wilayah Eropa namun tradisi masyarakatnya sangat mirip dengan budaya Asia. Negara Finlandia merupakan negara pembuat telepon genggam, yang dimana Finlandia dikenal sebagai ‘rumah NOKIA’, sebab awal mula terciptanya NOKIA karena faktor masyarakat yang merasa kesulitan ketika menggunakan telepon umum.

Nah, itulah beberapa negara yang telah mengalami kemajuan dalam bidang teknologi. Namun, bagaimana dengan perkembangan teknologi di Indonesia? Ternyata, kondisi Indonesia pun tidak jauh dibandingkan dengan negara-negara berkembang lainnya. Teknologi dan Informasi di Indonesia juga termasuk cukup maju, tetapi memang belum merata. Hanya di beberapa kota besar saja yang mampu memiliki akses teknologi terbaru untuk saat ini.

Hal ini disebabkan oleh satu masalah, yaitu karena terlalu besarnya bentang alam Indonesia. Sehingga pengembangan kemajuan teknologi yang terjadi di Indonesia menjadi sangat lambat.

Sekian informasi yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat! (ZUN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*