Surya Pranata, Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa : PR Indonesia adalah Persatuan

Budayabangsabangsa.com – Indramayu- Ahad

“Luar biasa, saya melihat suatu impian yang  sudah terwujud yaitu Indonesia yang damai, rukun, semua unsur bisa bersatu segala suku agama, bisa  bersama-sama hidup dengan damai, indah luar biasa,” kesan pertama Surya Pranata, Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) usai menghadiri perayaaan Tahun Baru Islam, 1 Syuro 1441 Hijrah di Kampus Al-Zaytun, Indramayu, Ahad (1/9).

Surya menganggap, toleransi dan kerukunan beragama di Indonesia masih butuh pembenahan.

“saat ini Masih perlu pembenahan kalau di luar, tapi di sini (Al-Zaytun) sudah terwujud, tinggal bagaimana pola ini bisa dikembangkan menjadi Lebih luas,”ucap Surya.

Surya Pranata Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Cirebon usai menghadiri Peringatan 1 Syuro 1441 H di Al-Zaytun, Minggu (1/9)
Surya Pranata (kiri) Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Cirebon usai menghadiri Peringatan 1 Syuro 1441 H di Al-Zaytun, Minggu (1/9)

Lebih lanjut Surya menilai, di Al-Zaytun sudah terbentuk suatu pola kehidupan yang mandiri dengan konsep pembangunan yang visioner.

“sangat luar biasa yang saya bilang satu cara hidup self supporting bisa memenuhi kebutuhannya sendiri. Sangat visioner,” ucapnya.

Dia meminta agar Bappenas maupun Menteri Desa bisa datang ke sini melihat dan belajar bagaimana ini sebagai satu bentuk percontohan  bisa diterapkan di daerah lain.

“Sehingga seperti ini (Al-Zaytun) bisa tumbuh dimana-mana. Ini menunjukkan miniatur Indonesia,” ungkapnya.

Di sisi lain, menanggapi orasi kebangsaan yang disampaikan Syaykh Abdussalam Panji Gumilang, Surya menilai perlunya  mereview kembali pemahaman tentang pancasila.

“kita harus mereview pemahaman tentang Pancasila bukan sekedar hafal tapi kita harus memahami jiwanya (pancasila) sehingga bisa diaplikasikan supaya terbentuk Indonesia yang kita impikan (damai). Aktifis lintas agama ini datang  bersama satu orang rekannya dari paguyuban Sosial Marga Tionghoa Cirebon.

(hatta)

Redaksi
About Redaksi 765 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

1 Comment

  1. Alhamdulilah ,sungguh luar biasa dapat berkumpul duduk bersama dalam memperingati 1 syuro dari berbagai elemen agama , yang pada intinya mereka inginkan persatuan Indonesia….MERDEKA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*