Selamat Bekerja Kapolda Lampung yang Baru

Foto Irjen Pol Suroso Hadi Siswoyo bersama Kombes Purn Yusril Hakim dan H. Darussalam, SH

Budayabangsabangsa.com – Lampung Selasa, ( 05/09/2017)

Irjen Pol Suroso Hadi Siswoyo resmi dilantik sebagai Kapolda Lampung menggantikan Irjen Drs. Sudjarno, di ruang Rupatama Mabes Polri. .

Berdasarkan Surat Telegram (ST) Kapolri Nomor: ST/2032/VIII/2017 tanggal 25 Agustus 2017, tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri.

Irjen Pol. Suroso Hadi Siswoyo merupakan PerwiraTinggi (Pati) Polri yang lama bergelut di dunia intelejen dan sangat berpengalaman di bidang intelejen.

Sebelum menjabat sebagai Kapolda Lampung, Irjen Pol Suroso Hadi Siswoyo sebelumnya bertugas sebagai Deputi IV atau Deputi Bidang Intelejen dan Keamanan (Baintelkam) Ekonomi BIN.

Selama berkarir, perwira tinggi kelahiran 1962 ini banyak bertugas dan menduduki jabatan di kepolsian khususnya bidang intelejen.

Irjen Pol Suroso Hadi Siswoyo bertugas di BIN sejak November 2016 sesuai ST Kapolri No. ST/2753/XI/2016 tanggal 14 November 2016, saat itu Suroso masih menyandang pangkat Brigjen Pol (bintang satu).

Irjen Pol Suroso Hadi Siswoyo sendiri tercatat sebagai tim asistensi dan pengawasan Pilkada serentak 2017 menjabat sebagai Dirpolitik Baintelkam Polri.

Menurut Kombes (Purn) Yusril Hakim YHS dan Hi. Darussalam, SH yang hadir pada pelantikan sahabatnya tersebut menganggap Irjen Suroso Hadi Siswoyo tidak perlu berlama-lama mempelajari peta Kamtimbas Bumi Riuwa Jurai. Ia ibarat kembali menapaki jejak yang pernah ditinggalkan. Sebab, sebelumnya ia pernah bertugas di Mapolda Lampung menjabat sebagai Direktur Intelkam Polda Lampung pada tahun 2009-2010 silam bersama Kombes Purn Yusril Hakim yang menjadi Plt Dirintelkam kala itu

Pada saat menjabat Dirintelkam Polda Lampung itulah Suroso mendapat kesempatan pendidikan Sespati Polri Tahun 2010, satu angkatan Sespati dengan Kabareskrim Komjen Pol Ari Dono Sukmanto dan Kakorlantas Irjen Pol Royke Lumowa sehingga posisinya digantikan Kombes Purn Yusril Hakim sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirintelkam Polda Lampung.

“Pak Suroso bukan orang baru di Lampung, beliau Mantan Komandan saya saat menjabat Dirintelkam, sebagai Sahabat maka kami hadir bersama Bang Salam (Sapaan Darussalam-red) untuk memberikan ucapan Selamat Bekerja Saudaraku Mas Suroso sebagai Kapolda Lampung yang baru”, tandas Yusril Hakim.

Hal senada juga diutarakan Banv Salam saat bersama-sama Yusril Hakim menyaksikan Sertijab Kapolda Lampung dari Irjen Pol Drs. Sudjarno kepada Irjen Pol. Suroso Hadi Siswoyo. Bang Salam berpesan semoga Kapolda baru dapat merangkul seluruh lapisan masyarakat Lampung demi Lampung yang aman, tenteram dan bermartabat.

“Saya sudah kenal lama dengan beliau (Irjen Pol Suroso-red), tentunya saya berharap Pak Kapolda mampu merangkul masyarakat Lampung, bersama-sama Tokoh membangun Kantibmas dan membuat program-progam yang menjadi solusi yang diharapkan masyarakat Lampung”, ujar Bang Salam.

Berikut kilas riwayat jabatan Irjen Pol Suroso Hadi Siswoyo:
1. Kapolda Lampung
2. Deputi Bintelkam BIN.
3. Direktur Politik Baintelkam Mabes Polri.
4. Analisis Utama TK I Baintelkam Mabes Polri.
5. Kepala Pusat Pendidikan (Kapusdik) Intel di Lemdikpol.
6. Analisis Kebijakan Madya Bidang Sosbud Baintelkam Polri.
7. Dirintelkam Polda Lampung 2009-2010.
8. Sespati Polri tahun 2010.

 

(A Samsuri / Zendri )

Redaksi
About Redaksi 612 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*