Sejumlah Driver Gojek Lapor ke Polda Metro Jaya

Fitri Ketua Umum G99

Budayabangsabangsa.com – Jakarta, Jumat 17/2/2017. Rosikin, (31), tengah pusing untuk menafkahi anak istrinya setelah belum lama ini terkena pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh manajemen PT. Gojek, tempat Ia selama ini mencari nafkah.

Menjadi penggangguran bukan harapan dirinya dan puluhan pengendara Gojek lainnya namun nasib berkata lain, pihak Gojek memberhentikannya dengan alasan tersuspend, sesuatu yang menurut Rosikin dan kawan-kawannya adalah sepihak dan mengada-ada.

Uang 4 jutaan deposit miliknya yang ada di Pihak Gojek ditahan alias tidak bisa dicairkan. Ada puluhan bahkan ratusan ‘Rosikin-rosikin’ lainnya. Merasa dirugikan, Ia bersama 70 orang pengendara Gojek yang tergabung dalam sebuah komunitas bernama G99 mendatangi Polda Metro Jaya untuk melaporkan kasus yang menimpanya.

Gojekers ini menduga ada penggelapan dana serta tindakan yang tidak transparan dilakukan oleh manajemen Gojek selama ini.

Rosikin datang bersama Ketua Umum G99 (Komunitas Pengendara Gojek) Fitrijansjah Toisutta dan Pengacara Publik dari Lembaga Bantuan Hukum Jakarta (LBH) Oky Wiratama.

Rosikin mantan pengendara Gojek
Rosikin mantan pengendara Gojek

Selaku juru bicara, Fitri menjelaskan bahwa kasus ini sudah lama terjadi di manajemen PT. Gojek yang merugikan ribuan para pengendara Gojek selama ini. Peraturan yang selalu berubah dan dibuat sepihak dirasakan merugikan para driver. Misalnya saja peraturan performa dan sistem poin. Akhirnya suspend (blokir) diterapkan, akibatnya ratusan driver termasuk dirinya tidak bisa lagi menarik penumpang, sialnya lagi dana depositnya sejumlah ratusan ribu berikut handphonenya ditahan tidak bisa diambil dan dana tidak bisa dicairkan. Ada ratusan rekan-rekan yang bernasib sama, jelasnya

Sementara itu, Oky menyayangkan sikap manajemen Gojek yang menerapkan sistem suspend ini, sehingga memberikan kesan sepihak dan semena-mena.  Menurutnya antara manajemen dan driver seharusnya membangun hubungan kerja sistem kemitraan yang setara.

“Kasus ini menunjukkan upaya sepihak dari manajemen Gojek bukan hubungan kemitraan yang setara,” ujar Oky.

Oky akan melaporkan pihak manajemen Gojek dengan menggunakan pasal 374 KUHP.

Sampai berita ini diterbitkan, pihak manajemen Gojek belum bisa dihubungi.

[Hatta]

About Redaksi 454 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*