Rintisan Kerjasama Al-Zaytun dan PPI Dunia

Budayabangsabangsa.com – Indramayu, 8 anggota PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) Dunia tengah berkunjung ke kampus Al Zaytun, Indramayu. Selama dua hari, Sabtu-Minggu (24-25 Desember 2016) mereka berada di sana untuk menindak lanjuti rencana kerjasama dengan Ma’had Al-Zaytun.

PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) merupakan perhimpunan mahasiswa Indonesia yang mayoritas belajar di luar negeri (di 53 negara) dan telah beranggotakan sekira 80.000 orang.

Rombongan dihantar langsung oleh Ummah Dayyanah Futuhat, salah seorang alumni Al-Zaytun angkatan VI juga anggota PPI yang sedang melanjutkan pendidikan di Mesir.

Rombongan PPI ini diketuai oleh Intan Irani (mahasiswi S3 Arsitektur di Italia) sekaligus koordinator tim yang pernah melakukan survei pendahuluan tentang produk-produk pertanian yang ada dibudidayakan di Al-Zaytun.

Para anggota PPI diterima langsung oleh Syaykh Panji Gumilang di Masikhah (dok. Latief Weha)
Para anggota PPI diterima langsung oleh Syaykh Panji Gumilang di Masikhah (dok. Latief Weha)

Sebelum diterima oleh Syaykh Al-Zaytun di Masyikhah (Rumah Syaykh), mereka diajak oleh Ust. Faiz (Koordinator Pertanian Al-Zaytun) dan Syaifuddin Yudhi (Pengurus Yayasan Pesantren Indonesia) untuk berkeliling di area Ma’had Al-Zaytun.

Salah satunya melihat secara langsung Masjid Rahmatan Lil ‘Alamin dan Menara Pemuda dan Perdamaian yang dalam tahap pembangunan, kemudian ke Gedung Asrama Santri, Sekretariat, Lahan pertanian sawah, Lahan Tanaman wijen, Lahan tebu, Istana beras serta melihat proses pembangunan Pabrik Gula, Peternakan Ayam di Windu Kencana.

Disela-sela kunjungan itu mereka juga bertemu dengan para petani yang tergabung di P3KPI (Perhimpunan Petani Penyangga Ketahanan Pangan Indonesia) berdiskusi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan pertanian tersebut.

Kunjungan ke perkebunan Tebu milik Al-zaytun, Indramayu (dok. Latief weha)
Kunjungan ke perkebunan Tebu milik Al-zaytun, Indramayu (dok. Latief weha)

Setelah kunjungan dua hari ke Al Zaytun, mereka memutuskan untuk menjalin kerjasama untuk memasarkan produk-produk Al-Zaytun ke seluruh penjuru dunia dengan menggunakan teknologi E-Commerce ( suatu proses aplikasi digital yang bisa menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat).Kerjasama itu sangat mungkin dilakukan dengan dukungan fasilitas komputer (AGICT) yang ada di Al-Zayun.

Produk Al-Zaytun yang akan dipasarkan antara lain beras dengan berbagai varietas unggulannya, minyak wijen, minyak VCO (virgin coconut oil) dan udang vaname serta produk-produk lainnya yang terus dikembangkan sesuai dengan pengembangan usaha/ pertanian di Al-Zaytun.

Hubungan ini akan dituangkan dalam sebuah Memorandum of Undestanding antara pihak Al zaytun dan PPI.

Utusan PPI yang hadir ke Al-Zaytun:

1. Intan irani – koordinator PPI Dunia – master of architecture engineering di Politecnico di Milano, Italia – Ketua Divisi Summer Vacation
2. Dewi Anggrayni – PPI Malaysia – PhD media and communication university Kebangsaan Malaysia
3. Padma Nabhan – Coordinator Biro Pers asiania – humans Dan publikasi PPI India – SRM University
4. Muhammad Ubaidillah – Coordinator Festival Studi Luar Negri – Ketua PPI UEA – bachelor Banking and Finance – United Emirati Arab University
5. Ash shidiq – BEM Fisip UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
6. Gigih Giandono – BEM Wiralodra – Divisi Publikasi Komisi Ekonomi
7. Ummah Dayyanah Futuhat – Alumni Al-Zaytun angkatan ke enam – Ketua Divisi Pembangunan Desa Binaan – PPI Mesir – Ecole de la Chamre Syndicale de la Couture Parissiene
8. Muhammad Kautsar – Alumni Al Zaytun angkatan ke 8
9. Muhammad Furqon – BEM UIN Bandung
(LW/HT)

About admin 270 Articles
Seorang Admin Yang Hobi dengan Berita dan Web Programming

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*