Presiden RI Serahkan Sertipikat PTSL di KBN Marunda

Budayabangsabangsa.com – Jakarta, Rabu.

Sejak Pukul 11:00 Wib KBN Marunda di lokasi C4 RT. 07 RW. 07 Kel. Marunda Kec. Cilincing Jakarta Utara, sudah di padati oleh warga Kota Jakarta Utara.

IMG-20181021-MB3-A0002

Hingga Pukul 17:05 Wib kemudian dilakukan penyerahan Sertipikat kepada Masyarakat Jakarta Utara berupa sertipikat PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) yang diberikan langsung secara simbolis oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo kepada 12 Orang perwakilan dari sejumlah 10.000 Orang seluruh penerima sertipikat untuk warga DKI Jakarta.

IMG-20181021-MB3-0001

Pada kegiatan tersebut selain dihadiri oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo dan warga Jakarta Utara, hadir pula Menteri Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional Dr. Sofyan Djalil, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Serta hadir pula Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Idham Azis, Pangdam Jaya Mayjen. TNI. Joni Supriyanto, Kaskoarmada I Laksamana Muda. Herru, Kakanwil ATR/BPN Bapak Jaya. SH. MH. Serta hadir pula Walikota Jakarta Utara H. Syamsuddin Lologau, Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes. Pol. Reza Arief Dewanto. S. Ik., Danrem 052/Wijayakrama Kolonel Kav. Agustinus Purboyo, Dandim Jakarta Utara Letkol. Arif Rahman, Kepala ATR/BPN Jakarta Utara H. Asnaedi. Aptnh.,MH.

IMG-20181021-MB3-0003

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan salam kepada warga dan hadirin, Ia mengatakan, “Saya sudah ke Marunda sudah ratus kali mengecek rusun sekitar sini. Ketika saya menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sering saya melakukan kunjungan kerja disini.” Sapanya

Jokowi menambahkan, “Keluhan yang masuk ditelinga saya selalu saja masalah sengketa tanah, setelah saya tanya kepada Menteri BPN berapa banyak yang harus diterima masyarakat sertifikat, sebanyak 126 juta bagi seluruh warga Indonesia.” Ungkapnya 

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, “Saya menanya kepada Menteri Agraria seharusnya berapa pemegang sertipikat tanah seluruh Indonesia, Jawabanya126 Juta, sedangkan yang sudah diberikan itu sebanyak 46 Juta, berarti masih kurang 80 Juta warga yang belum memiliki sertipikat.” Menjelaskan 

Beliwu mengatakan “Saya sudah memberikan target kepada Menteri BPN, target tahun ini 7 juta sertifikat harus keluar dari Kantor BPN. Yang paling penting rakyat harus pegang sertifikat. Saya merasa sedih masih banyak masalah sengketa tanah, berbagai cara dilakukan, karena merasa ini tanah miliknya, karena belum memilik sertifikat. Kalau sudah menerima sertifikat saya mohon agar di fotokopi agar mengurus di BPN mudah, setelah ini agar saya berpesan dijaga sertifikat dengan baik sesuai keperluan dan hati hati dalam kegunaannya misalkan untuk pengajuan ke Bank. Silahkan seluruhnya apabila pengajuan untuk pinjaman di pergunakan untuk modal usaha, kalau sudah ada keuntungan silahkan ditabung.” Imbuhnya

Jokowi menyudahi sambutannya dengan peryataan, “Tahun depan insya Allah rampung semua pembagian sertifikat, yang terakhir saya titip negara kita ini negara besar, penduduk kita sudah 263 juta yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Kita harus paham dan tahu segala perbedaan, ragam budaya inilah anugrah yang Allah Swt Berikan. Kita rawat kerukunan kita, jangan sampai karena pilihan Bupati, Gubernur, maupun Presiden kita terlihat terpecah – pecah dengan isu yang beredar.” Tegasnya.

Agar rangkaian acara berjalan aman dipersiapkan kekuatan pengamanan sebanyak 299 personil gabungan TNI Dan POLRI. Apel di Pimpin oleh Dandim 0502/JU Letkol Arm Arif Rahman S.Sos. MM. 

 

Pengamanan yang turut andil dalam acara tesebut diantaranya  Kodim 0502/JU 85 Personil dipimpin Letkol Arm Arif Rahman. S.Sos., MM. (Dandim 0502/JU), Kodim 0510/ TKR 50 Personil dipimpin Kapten Arh Ali, Yon Arhanudse – 6/BAY, 60 Personil dipimpin Letda Arh Hutagalo, EOD (Den Zipur – 3 Kodam Jaya) 10 Personil dipimpin Serma Agus Sasmadi, Pomdam Jaya, 10 personil dipimpin Kapten CPM Suparmen, Paspampres 34 personil dipimpin Kapten Cpm Hari, Polda Metro Jaya 30 personil dipimpin Ipda Ike Setiawan, Intel gabungan 20 personil dipimpin Kapten Arm Sigit Teguh, Polres Metro Jakarta Utara 30 personil dipimpin AKBP Wiyono, SH. Serta, Polsek Cilincing 36 personil dipimpin Kompol Sarwono SH, MM. 

Berkat dukungan dari semua pihak, secara keseluruhan  acara selesai dengan lancar dan aman pada Pukul 17:49 Wib

(Red)

Redaksi
About Redaksi 612 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*