Posbakumadin Berikan Penyuluhan dan Bantuan Hukum Gratis di Lapas Pondok Rajeg

Budayabangsabangsa.com, Bogor, Selasa, 14/3/17. Sistem penegakan hukum merupakan sebuah sistem yang dibangun untuk menciptakan, memelihara, dan mempertahankan kedamaian hidup yang selaras dengan kaidah-kaidah yang berlaku dalam masyarakat. Bentuk sistem penegakan hukum di Indonesia di kenal dengan sistim Pradilan Pidana yang dilaksanakan oleh 6 sub sistem Penegak Hukum yaitu Kejaksaan, Kepolisian, KPK, BNN, Pengadilan dan Pemasyarakatan.

Kedudukan pemasyarakatan sebagai salah satu sub sistem dari sistim peradilan pidana ditegaskan dalam pasal 8 ayat 1 UU No.12 tahun 1995 tentang pemasyarakata yang menyatakan bahwa petugas pemasyarakatan merupakan pejabat fungsional Penegak Hukum yang melaksanakan tugas di bidang Pembinaan, Pengamanan, dan Pembimbingan warga binaan pemasyarakatan, hal tersebut ditegaskan, Ramli (Ketua Posbakumadin Cibinong), dan Sandy (Sekretaris), kepada media ini beberapa waktu lalu.

IMG-20170315-WA0015

lanjut Ramli, menyampaikan untuk menyelenggarakan proses pemasyarakatan tersebut, berdasarkan pasal 5 Undang Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pemasyarakatan, disebutkan bahwa pembinaan dalam sistim pemasyarakatan dilaksanakan berdasarkan asas, pengayom, persamaan perlakuan dan pelayanan, pendidikan, pembimbingan, penghormatan harkat dan martabat manusia serta terjaminnya hak untuk berhubungan dengan keluarga dan orang orang tertentu, Posbakumadin memberikan bantuan hukum gratis kepada keluarga yang tidak mampu untuk mendapatkan pendampingan, ini sebagai wujud kongkrit kami baru-baru ini memberikan penyuluhan di lapas Pondok Rajeg Cibinong, ungkap nya.

(Sastra)

About Redaksi 454 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*