Polres OKI Antisipasi Gerakan Teroris dan Radikalisme

Budayabangsabangsa.com, Palembang–

Kapolres Ogan Komering Ilir (OKI), AKBP Donni Eka Saputra didampingi Kasat Intel, AKP Sigit Agung Susilo dan Kasat Binmas, AKP Alfian Nasution, melakukan upaya antisipasi terorisme dan radikalisme di wilayahnya, pada Kamis (4/10/2019).
Mengantisipasi munculnya Paham Radikalisme di OKI. “Alhamdulillah Ogan Komering Ilir Sampai dengan saat ini dalam keadaan situasi yang aman kondusif untuk paham-paham radikal maupun terorisme,” kata Sigit.

Sigit menambahkan, “Kalaupun saat ada napi terorisme di Lapas OKI, kejadiannya bukan di sini. Mereka hanya merupakan pelimpahan dari wilayah lain.” 

Dan terhadap napi terorisme yang telah menjalani masa hukuman dan membaur dengan masyarakat, pihaknya kata Donni tetap memantau baik melalui intelijen maupun dari bhabinkamtibmas polsek setempat.

“Kami juga bekerjasama dengan pemda dengan tetap melakukan sosialisasi ke Camat dan Kades agar meminimalisir menyampaikan informasi kerawanan-kerawanan, embrio serta adanya paham paham radikal yang mungkin tumbuh dan menimbulkan kerawanan terorisme,” pungkas Kapolres.

Senada dengan Kapolres, Kasat Intel, Polres OKI, AKP Sigit Agung Susilo juga menyampaikan bahwa wilayah OKI hingga saat ini masih kondusif dari kasus terorisme dan radikalisme.

“Ini merupakan salah satu program dari BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme), Polda Sumatera Selatan serta Polres OKI,” kata Sigit.

Pihaknya kata Sigit, selain melakukan pengawasan melekat (waskat) juga melakukan kegiatan dengan menyambangi tempat-tempat mantan napi terorisme untuk memantau langsung tingkat radikalisme pada mantan napi terorisme.

“Untuk kesehariannya mereka sudah membaur dengan masyarakat dan sudah bekerja sebagai petani karet kemudian membuka usaha rambut dan toko sembako. Ternyata mereka diterima warga sekitar dan selalu membuka diri kapada warga dan juga aparat hukum. Dari sini bisa kita lihat bahwa program deradikalisasi menunjukkan hasil positif,” kata Sigit.

Sementara itu, untuk peran bhabinkamtibmas, Kasat Binmas Polres OKI, AKP Alfian Nasution, mengakatakan, pihaknya secara rutin selalu mengunjungi seluruh desa-desa di OKI dengan menerjunkan personil bhabinkamtibmas.

“Personil Bhabinkamtibmas juga kerap ikut dengan kegiatan warga lokal seperti Salat Jumat dan kegiatan lainnya sekaligus melakukan sosialisasi,” kata Alfian. (Slm)

Redaksi
About Redaksi 741 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*