Polda Metro Jaya Berhasil Ungkap Impor Beras Ilegal Dari Vietnam

Budayabangsabangsa.com – JAKARTA, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam jumpa persnya menilai impor beras ilegal dari Vietnam yang diungkap Polda Metro Jaya mengganggu puncak panen raya yang saat ini tengah berlangsung.

"Import ilegal ini sangat mengganggu produksi petani di mana saat ini tengah memasuki panen raya, Harga saat ini sudah turun 20-30 persen di tingkat petani, kalau beras impor ini sampai beredar, ini akan sangat merugikan para petani," tegas Amran di kawasan pergudangan Elang Laut, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Selasa (08/03).

Amran mengapresiasi kinerja Kepolisian atas keberhasilan Polda Metro Jaya dalam membongkar masuknya 345 ton beras ilegal ke Indonesia.

lanjut Amran,"Terima kasih pak Kapolda atas kesigapan Polisi dalam mengungkap import Beras ilegal ini, jika hal ini tidak terungkap, maka beras impor ilegal ini dapat memperburuk harga di pasaran dan menekan harga di tingkat petani," ujarnya. Ia berharap kepolisian menindak tegas pelaku importasi ilegal serta membongkar semua jaringan pengimpor beras ilegal tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian mengatakan pihaknya telah melakukan penggerebekan pada 4 Maret lalu dan memeriksa lima orang yang diduga terlibat dalam impor ilegal itu.

"Kita sudah mengetahui siapa yang memiliki (beras ilegal), sedang kita kejar dan kita kembangkan," tutur Tito

Kapolda berjanji akan melakukan pemeriksaan terhadap dokumen yang ada terkait beras ilegal tersebut,"kami akan melakukan pengembangan dari dokumennya, kami akan selidiki apakah beras ilegal ini masuk melalui jalur resmi atau jalur non resmi, Kalau jalur non-resmi, otomatis kita akan kembangkan dan membongkar jaringannya, tapi Kalau jalurnya resmi bagaimana bisa, apakah mungkin menggunakan surat-surat palsu," tandasnya sambil mengerutkan keningnya.

Menurut Tito, praktik impor ilegal ini diyakini berdampak langsung kepada para petani dan sangat merugikan petani serta masyarakat. Hal ini dikarenakan dengan membanjirnya beras impor ilegal akan menekan harga di kalangan petani, oleh karenanya, kami komitment memberantas jaringan pengimpor beras ilegal tersebut.(Redaksi)

About admin 269 Articles
Seorang Admin Yang Hobi dengan Berita dan Web Programming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*