Apa Pesan Presiden Jokowi Saat Membuka Festival Sholawat Nusantara

Budayabangsabangsa.com – Bogor. Sabtu.

Pernyataan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo setelah secara resmi membuka rangkaian acara Festival Sholawat Nusantara,dalam acara pembukaan yang digelar di Sentul Internasional Convention Center Jawa Barat, Sabtu malam (24/02/18).

Sejumlah tamu undangan hadir diantaranya Ketua MUI KH. Ma’roef Amin, Gubernur Jawa barat Ahmad Heryawan, Menteri Agama RI Lukman Syaefuddin dan beberapa tokoh serta ribuan santri yang datang dari berbagai daerah.

Jokowi menegaskan bahwa acara ini bisa menjadi momentum untuk kembali memasyarakatkan budaya bersholawat dalam masyarakat. “Kita semua ingin menabur kembali nilai Islam yang penuh bahasa cinta. Bukan bangsa yang penuh perbedaan dan bertentangan,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Presiden juga berharap dengan tertradisikanya sholawat dimasyarakat Indonesia nantinya sekaligus akan menjadi sarana merekat Ukhuwah IslamiahUkhuwah Wathoniyah dan Ukhuwah Basyariah. Dan pada akhirnya dengan tradisi sholawat semangatnya dapat menjadi perekat kesatuan dan persatuan bangsa. Dan presiden berpesan “Mari kita jaga kerukunan antar suku antar bangsa dan negara”, Imbuhnya

Ribuan santri hadiri Sholawat Nusantara, Sabtu (24/2)

Festival sholawat Nusantara akan digelar di seluruh Indonesia dimulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi,sampai tingkat nasional. peserta lomba terdiri pelajar, santri, komunitas pesantren, jamaah pengajian, majelis-majelis dzikir masyarakat maupun dari instansi termasuk PNS, TNI dan POLRI. Festival sholawat Nusantara nantinya dilakukan dalam lomba berjenjang. Ini adalah lomba melantunkan pujian dan doa kepada nabi Muhammad SAW, sebagai ekspresi kecintaan kaum Muslimin kepada pribadi mulia.

Presiden RI. Ir. H. Joko Widodo ketika Resmi Membuka Festival Sholawat 2018-02-25 at 08.15.04
Beberapa Kyai, Habib dan Ustad dari berbagai daerah

Di Indonesia sendiri sholawat telah menjadi tradisi lisan yang berkembang di masyarakat hampir setiap daerah memiliki sholawat nya sendiri sendiri. Dianta beberapa sholawat yang ada di Indonesia adalah; Sholawat Nariyah, Sholawat Ibrahimiyah, Sholawat Munjiyat, Sholawat At Taajjiyyah, Shalawat Tibbil Qulub (Sholawat Syifa), Sholawat Fatih, Sholawat Wabarik, Sholawat Tarhim, Sholawat Al Fiyyah, Sholawat Al-Zaytuniyah (Sholawat 201 Asmaun Nabi Muhammad S.A.W – Syaykh Al-Zaytun). Dan Sholawat- Sholawat lainnya

Ini merupakan lomba melantunkan pujian dan doa kepada nabi Muhammad SAW sebagai ekspresi kecintaan kaum muslimin kepada pribadi mulia.

(Sutarno)

About Redaksi 469 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*