Penertiban Rumah Warga Diatas Tanah Negara Diwarnai Amuk Massa

Budayabangsabangsa.com – JAKARTA,  Warga Kampung Pulo meminta agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan ganti rugi terkait penggusuran tempat tinggal mereka, Namun, permintaan ini ditolak pemerintah karena menganggap warga menduduki lahan negara.

 

Kepala Satpol PP DKI Kukuh Hadi Santoso mengatakan, pemerintah tak mungkin membayar ganti rugi kepada warga yang menduduki lahan negara. "Yang kita tertibkan ini tanah negara, bagaimana saya mau bayar tanah yang milik negara sendiri? Kalau kita bayar, Kita salah, Kita dianggap korupsi," kata Kukuh kepada wartawan di Kampung Pulo, Jakarta Timur, Kamis (20/8/2015).  

 

Kendati demikian, ia mengatakan, warga tidak ditelantarkan begitu saja setelah rumahnya ditertibkan, Pemerintah, menurut dia, memberikan tempat tinggal baru bagi warga Kampung Pulo.

 

"Oleh karena itu, mereka ini adalah saudara-saudara kita, warga-warga kita, supaya mereka punya tempat tinggal sebelum kita gusur, kita sudah buatkan tempat tinggal," ujar Kukuh.

 

Terkait warga yang mengklaim punya surat kepemilikan, Kukuh meminta mereka membuktikannya. "Kita sudah sampaikan dalam sosialisasi, bilamana punya surat-surat yang sah, silakan sampaikan kepada Lurah dan Camat, atau  WaliKota, Buktinya, sampai sekarang, tidak ada," ujar Kukuh.

 

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta membongkar rumah warga Kampung Pulo di bantaran Sungai Ciliwung,  Hal ini terkait pembuatan trase atau jalan inspeksi dalam normalisasi Ciliwung, Langkah ini mendapat penolakan warga, yang berujung bentrokan, Sejumlah aparat keamanan dan warga terlibat adu fisik di Jalan Jatinegara Barat, Dua petugas dan puluhan warga dilaporkan terluka dalam kejadian ini, Rencananya, penertiban akan dilanjutkan kembali pada esok hari.

 

Walau Pemprov bertujuan baik, publik berharap, penertiban rumah warga diatas tanah negara tidak boleh dilakukan dengan kekerasan, apalagi menimbulkan korban, Satpol PP harus bertindak profesional dalam menghadapi amuk massa.(Agus.S)

About admin 269 Articles
Seorang Admin Yang Hobi dengan Berita dan Web Programming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*