Pelaku Pembakaran Karhutla Sumsel Ditangkap

Budayabangsabangsa.com,Palembang–Kepolisian Resor Banyuasin, Sumatera Selatan berhasil mengamankan empat pelaku pembakaran hutan dan lahan (karhutla). Keempatnya Man, Sug dan MK dan Mau ditangkap di lokasi berbeda.

“Man ditangkap di Sungai Apung Desa Solok Batu, Kecamatan Air Salam, sementara Sug ditangkap dari lokasi kebakaran lahan do Desa Muara Sugih Kecamatan Tanjung Lago dan MK ditangkap di Dusun 2 Desa Kenten Laut, Kecamatan Talang Kelapa serta Mau ditangkat di Desa Sungai Pinang Kecamatan Rambutan,” kata Kapolres Banyuasin, AKBP Danny Sianipar kepada wartawan di Mapolres Banyuasin, Rabu (2/10/2019).

Keempat tersangka lanjut Danny, melakukan pembakaran lantaran ingin membuka lahan untuk pertanian dengan cara yang dianggap murah dari sisi biaya.

Sementara tersangka MK melakukan pembakaran hingga meluas ke area lahan yang lain termasuk hingga membakar lahan yang di areal tersebut terdapat sarang lebah.
Barang bukti yang di amankan diantaranya 3 buah korek api gas, 3 buah parang, 1 botol BBM, 1 buah cangkul, 3 bungkus plastik berisikan sisa rumput yang terbakar.
“Saat ini, keempat pelaku pembakaran sudah diamankan di Kapolres Banyuasin beserta barang buktinya,” ucap Danny.

Empat tersangka tersebut dikenakan pasal 108 jo pasal 169 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) dan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan atau UU Nomor 39 Tahun 1914 tentang perkebunan. Atau Pasal 187,188/189 KUHP Juncto Pasal 53 KUHP dengan ancaman 10 tahun dan denda Rp.10 miliar.

Kapolres Banyuasin mengimbau kepada masyarakat maupun perusahaan yang memiliki lahan supaya menjaga lingkungan dan tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

“Karena itu, dapat membahayakan diri sendiri dan lingkungan dapat tercemar oleh kabut asap. Mari kita bekerja sama untuk menanggulangi kebakaran hutan, kebun dan lahan yang terjadi di wilayah masing-masing supaya tidak dilanda bencana kabut asap,” ucap AKBP Danny. (Slm)

Redaksi
About Redaksi 741 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*