PAKET TILIK DAN DESO TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR.

PAKET TILIK DESO TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR

Budayabangsabangsa,com – Borobudur (05/01/17) Suasana pedesaan di kawasan wisata Candi Borobudur memberikan kesan dan kenangan yang takkan mudah dilupakan.

Sebelum atau setelah mengunjungi Cadi Borobudur, pengunjung atau wisatawan dapat berkeluling untuk menyaksikan aktifitas warga yang bermukim disekitar Candi Borobudur dengan mengendarai Andong atau Jereta Kelinci yang disediakan oleh Managament PT Taman Wisata Candi.

Wisatawan juga disuguhkan kenikmatan suasana pedesaan dengan berbagai keunikan dari industri rumah yang di kelola masih sangat sederhana ataupun industri pembuatan kerajinan anyaman bambu,ukir kayu atau batu, dll.

Wisatawan Nusantara ( Wisnu ) maupun wisatawan Mancanegara ( wisman ) dalam catatan managent PT. Taman Wisata Candi Borobudur untuk diakhir Tahun 2016 pada bulan Desember jumlah pengunjung ada 6.869 jiwa u untuk Wisman ( wisatawan mancanegara ) dan untuk Wisnu ( Wisatawan Nusantara ) 539.946 jiwa. Ada peningkatan dari pengunjung yang datang di tahun 2015 untuk akhir tahun yaitu hanya di bulan Desember saja sekitar 7 %, ini terlihat dari catatan akhir tahun pengunjung yang datang ke Candi Borobudur. Marjono.

Untuk saat ini pihak PT. Taman Wisata Candi masih berbenah untuk memberikan pelayanan maksimal bagi para pengunjung untuk memberikan kepuasan pelayanan yg terbaik dengan menambah pasilitas sarana dan prasarana seperti lahan parkir, kantin kuliner dll,
Bapak Zultampu Rajamataniari wisatawan yang datang dari Jakarta mengatakan perlu adanya penambahan seperti tenda untuk tempat berteduh para wisatawan jika terjadi hujan untuk mengantisipasi pengunjng tidak kehujanan dan juga meminimalkan para pedagang yang berjualan di area Ring 1 kawasan Candi. Pedagang yang menjajakan dagangannya menambah padat area Candi hingga menfurangi ruang gerak pengunjung.” kalau untuk pelayanan cukup puas katena kru petugasnya ssngat ramah dan cekatan, ungkap Zultampu.

Ungkapan hampir senada datang dari sepadang Wisatawan mancanegara Mr. Carlo dan Mrs. Shelyn yang datang dari New Zealand ” Candi Borubudur merupakan Peninggalan Sejarah yang ada di Indonesia dan merupakan aset yang perlu dilestarikan agar menjadi abadi sepanjang sejarah, untuk itu Rakyat Indonesia melalui Pemerintahnya ataupun Pengurus Taman Wisata harus benar- benar bekerja keras untuk mewujudkan pelestarian Candi Borobudur tetap terpelihara dgn baik.

Candi Borobudur Heritage is in Indonesia and is an asset that needs to be preserved in order to become immortal in history, for the people of Indonesia through its Government or Board of Tourism Park should really work hard to realize the preservation of Borobudur maintained cleanly.

( Samsuri )

About Redaksi 454 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*