Menjaga Kesehatan Mulut Dengan Bersiwak

Budayabangsabangsa.com

Siwak atau miswak yang berasal dari Tanah Arab ini merupakan dahan atau akar dari pohon Salvadora Persica. Seperti yang telah umat islam ketahui dari zaman nabi-nabi dan sahabat terdahulu siwak digunakan untuk membersihkan gigi dan bau mulut. Dan di zaman ini ternyata bersiwak juga sudah menjadi kebiasaan bagi umat Islam.

siwak2Siwak merupakan suatu hal yang bermanfaat jika kita lakukan rutin setiap harinya. Manfaat tersebut bukan hanya untuk dunia namun akhirat juga. Manfaat di dunia ialah berupa kebersihan mulut, sehat dan giginya putih, serta menghilangkan bau mulut, dan lain-lain. Sedangkan manfaat di akhirat ialah sebagai ittiba’ kepada nabi saw. dan akan mendapatkan keridhaan dari Allah SWT.

Berbagai uji coba telah banyak dilakukan dalam upaya mengetahui manfaat dari Salvadora Persica atau kayu siwak ini. Sedangkan fakta ilmiah dari siwak antara lain:

1. Pada penggunaan siwak pertama kali, mungkin terasa pedas dan sedikit membakar, karena terdapat kandungan serupa mustard di dalamnya yang merupakan substansi antibacterial acids.

2. Kandungan kimia seperti Klorida, Pottasium, Sodium Bicarbonate, Fluoride, Silika, Sulfur, Vitamin C, Trimethyl amine, Salvadorine, Tannins dan beberapa mineral lainnya yang berfungsi untuk membersihkan gigi, memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi.

Jika dahulu yang digunakan adalah siwak berupa kayu, zaman sekarang semua sudah dipermudah karena siwak kini terdapat dalam bentuk pasta gigi (herbal). Perbedaan pasta gigi (siwak) herbal dengan pasta gigi lainnya menurut hasil penelitian yaitu pasta gigi dengan tambahan herbal ini dapat mengurangi akumulasi plak pada remaja.

Yuk kita beralih untuk gigi yang lebih sehat. Semoga bermanfaat! 🙂   (ZUN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*