MEIKARTA, Kota Baru di Cikarang

Pembeli apartemen sedang melihat lokasi

Budayabangsabangsa.com – Depok. Rabu, 25/05/2017. Berangkat dari Depok Town Square kawasan Depok (24/05/17) yang lalu, seramai 60 orang yang merupakan mitra bisnis di DETOS MALL dibawah manajemen Lippo Group berangkat ke Cikarang dalam rangka presentasi pembangunan kota baru Meikarta oleh Lippo Group.

Meikarta menjadi solusi untuk mengurangi beban kota Jakarta dalam banyak aspek, seperti kepadatan lalu lintas, pergerakan manusia, tata ruang, dan sebagai pusat ekonomi baru.

Pemerintah bahkan bisa merelokasi kementerian/lembaga (K/L) ke Meikarta, menyusul mencuatnya kembali wacana pemindahan ibu kota ke luar Jakarta.

Lahirnya kota baru tersebut diharapkan mampu mengurangi beban lalu lintas transportasi Jakarta dan sekitarnya.

Peta strategis Meikarta Cikarang dengan 7 pusat industri
Peta strategis Meikarta Cikarang dengan 7 pusat industri

Ini bagus sekali konsep kota baru. Ada sebagian kegiatan yang dialihkan dari Jakarta ke Meikarta. Nanti orang tidak akan bolak-balik menempuh jarak terlalu jauh karena di sana sudah lengkap fasilitasnya.
Kota baru itu pasti akan menurunkan beban Jabodetabek. Sudah saatnya Jakarta ditarik ke Meikarta.

Selain Jakarta, Meikarta juga berpotensi mengurangi beban Bandung, karena Meikarta dilewati lintasan rel kereta cepat Jakarta-Bandung, kereta layang LRT dan MRT, pelabuhan laut dalam Patimban, bandara Internasional Kertajati dan toll Jakarta – Cikampek elevated.

Salah satu contoh di apartemen
Salah satu contoh di apartemen

Pembangunan kota modern baru berskala internasional Meikarta dengan investasi Rp 278 trilliun bakal menjadi kota raksasa modern dan terlengkap di Asia Tenggara dan akan menyerupai Senzhen Tiongkok.

Meikarta berada di Cikarang, jantung ekonomi koridor Jakarta-Bandung. Sekitar 60% ekonomi nasional berada di kawasan Jakarta-Bodetabek-Bandung, dan 80% berada di pusat Bekasi-Cikarang dengan penduduk yang akan mencapai 20 juta dalam kurun waktu 15-20 tahun ke depan.

Meikarta dibangun di area seluas 23 juta meter persegi. Di lokasi ini nantinya akan menjulang 200 ratus gedung pencakar langit 35-46 lantai, tujuh mal, pusat rumah sakit dan kesehatan internasional, pusat keuangan internasional lima hotel internasional berbintang lima, perpustakaan nasional, gedung kesenian, tiga kampus dan belasan sekolah internasional, pusat riset industri, gedung pameran, Indonesian Silicon Valley, hingga beragam pusat-pusat inovasi.

WhatsApp Image 2017-05-25 at 21.59.56

Untuk dapat mengurangi beban lalu lintas Jabodetabek, sejumlah kegiatan bisnis swasta dan BUMN serta pemerintahan yang selama ini berpusat di Jakarta harus dipindahkan ke Meikarta.

“ Luar biasa proyek ini. Saya ambil 2(dua) apartemen di Meikarta ini untuk investasi karena melihat prospek kedepannya bagus untuk bisnis kuliner saya” Said Musthofa selaku mitra bisnis Lippo sekaligus pemilik Kuliner Bebek Lovely Geprek yang sudah membuka cabang di mall-mall dibawah management Lippo Group ini.

WhatsApp Image 2017-05-25 at 21.56.14

Kota berfasilitas lengkap, baik untuk kebutuhan primer maupun sekundernya. Jadi bisa mengantisipasi pergerakan orang ke luar dari kawasan ini. Pergerakan orang ke Jakarta dapat dikurangi sehingga dengan sendirinya mengurangi beban lalu lintas ke Jakarta.

Direncanakan 70-80 persen masyarakat urban tinggal di Meikarta yang nanti jadi kawasan jasa ditopang life industri. Di Indonesia kebutuhan masyarakat masih kekurangan 16 juta unit rumah.

” Meikarta akan menjadi kota mandiri totalitas, dan harganya memasyarakat. Dengan booking fee Rp 2jt, mitra bisnis sudah bisa memilih lokasi terbaik, juga mendapat diskon 44% dari harga jual bagi mitra bisnis/tenant Lippo Mall seluruh Indonesia serta berharap mitra bisnis dapat menginvestasikan dananya di proyek luar biasa ini, yang juga akan memiliki stadion sekelas Gelora Bung Karno Senayan, exibition center, kampus kelas dunia, 10 shopping mall dan 5 Rumah Sakit ternama ” ungkap Sutikno Pariyono selaku Mall Director Depok Towb Square dibawah managemen Lippo Group ini.

Pembangunan kota Meikarta ini melibatkan banyak mitra bisnis. Langkah ini sebagai strategi pendanaan Lippo dalam merealisasikan pembangunan yang direncanakan. 35% porsi pendanaan berasal dari kas Lippo, sedangkan sisanya dari kerja sama dengan mitra bisnis baik dalam maupun luar negeri.

Proyek Meikarta didanai dengan sistem multiple partnership. Partner-partner itu ikut mendanai. Ada 120 perusahaan yang bermitra dengan Lippo, 30-40 kontraktor, 20-30 partner dari luar negeri seperti produsen otomotif asal Jepang Toyota dan Mitsubishi.

Adapun 250 ribu unit apartemen yang saat ini tengah dibangun ditargetkan bakal diselesaikan pada akhir 2018 mendatang sehingga bisa segera ditempati dan diserah terimakan (selesai),” pungkas Sutikno

(Ebud/cah)

Redaksi
About Redaksi 532 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

1 Comment

  1. Target penjualan Apartment harus ditujukan kepada “user” yaitu pemilik yg akan menempati sendiri unit apt.nya dan bukan investor apalagi spekulan. Untuk itu agar dipastikan semua kebutuhan dasar warga tersedia lengkap spt rumah ibadah dll.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*