LRT Koridor 1 Akan Segera Beroperasi

Budayabangsabangsa.com,Jakarta-Kabar gembira bagi warga Jakarta karena sebentar lagi Kereta Api Ringan/Light Rail Transit (LRT) koridor/fase 1 (Veldrome- Kelapa Gading) akan beroperasi pada Februari tahun 2019.

Kehadiran LRT ini merupakan salah satu upaya pemerintah khususnya Pemprov DKI Jakarta guna mewujudkan transportasi umum yang aman, nyaman dan harga terjangkau sehingga dapat mendorong pengguna kendaraan pribadi beralih ke moda transportasi massal.

Hal Ini merupakan amanah dari Perpres 98/2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan / Light Rail Transit Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi dan Perpres 99/2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Perkeretaapian Umum di Wilayah Provinsi Daerah Ibukota Jakarta.

Allan Tandiono Direktur Utama PT LRTJ di Jakarta, Rabu (19/12/2018)
Allan Tandiono Direktur Utama PT LRT Jakarta di Acara Kongkow, Rabu (19/12/2018)

“Jakpro (PT Jakarta Propertindo) selaku BUMD menerima penugasan dari Pemprov DKI Jakarta untuk menyelenggarakan prasarana LRT, untuk menyelenggarakan sarana LRT  dan Pemprov melakukan itu berdasar amanah Perpres,”kata  Allan Tandiono Direktur Utama PT LRTJ di Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Allan menyebutkan, progres pekerjaan sampai saat ini sudah 90%, yang mencakup kesiapan SDM 73%, kesiapan badan usaha 74%,pekerjaan kontruksi 92%,pengadaan sarana 99% sedangkan pekerjaan persiapan dan uji coba terbatas sudah 100%.

Sementara itu,  Direktur Proyek LRT PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin menyampaikan Jakpro sedang berpacu dalam proses menyelesaikan proses kontruksi sesuai target.

“Pembangunan Sarana dan prasarana memasuki masa masa finishing, target beroperasi pada awal tahun depan,” kata Iwan.

Pada tahap awal,  pengoperasian LRT hanya akan melayani satu koridor (Kelapa Gading- Veldrome) dan selanjutnya akan dibangun koridor yang akan terhubung sampai Sudirman.

IMG_20181219_160129

Pada weekdays (Senin-Jumat) LRT akan dioperasikan mulai pukul 06.00 pagi sampai 22.00, sedangkan pada weekend (Sabtu-Minggu) dimulai pukul 07.00 sampai 23.00. Jarak tempuh Veldrome hingga Kelapa Gading sekitar 5.8 km yang ditempuh selama 13 menit.

Fasilitas dimasing-masing stasiun antara lain  lift, eskalator, trotoar yang integarasi,  loket (PAO),  Tim medis, Toilet, Musolah dan ruang menyusui serta prasaran lainnya yang ramah bagi Difable. (HT)

Redaksi
About Redaksi 865 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*