Launching Lembaga Amil Zakat GIS Tingkat Provinsi Jawa Barat

Budayabangsabangsa.com, Bekasi. Di usianya yang ke-8 tahun,  Lembaga Amil Zakat Yayasan Gema Indonesia Sejahtera (LAZGIS) resmi dilaunching hari ini di Gedung Islamic Center,  Bekasi,  pada Minggu (22/4).

Sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat hadir antara lain Gubernur Jawa Barat atau yang mewakili, Perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Pejabat Pemerintah Kota Bekasi,  Ditjen Bimas Kementerian Agama RI, Lurah Cengkong,  Purwasari Karawang,  Jawa Barat dan sejumlah tokoh. Masyarakat lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Yayasan GIS juga memperkenalkan tagline-nya yakni “Zakat mudah dan  berkah melalui LAZGIS”.

Yayasan sosial yang beralamat di Jalan Jati Bening Raya 2 Nomor 100, Kelurahan Jati Bening Pondok Gede Bekasi ini menjadi Lembaga Amil Zakat ke delapan di tingkat Provinsi Jawa Barat, dan LAZ ke 18 untuk tingkat nasional.

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan bernomor 938/2017 bertanggal 13 Desember 2017 yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Ketua Umum Yayasan Gema Indonesia Sejahtera, Wahyu Widodo,  S. Ikom,  dalam sambutannya menjelaskan,  Dengan dikukuhkannya GIS sebagai Lembaga Amil Zakat Tingkat Provinsi Jawa Barat menjadi tanda keikutsertaan GIS pada arus gerakan zakat nasional.  “GIS akan Menjadi Amil Zakat yg amanah dan profesional,” ujarnya.

Selanjutnya kata Wahyu,  LAZGIS  konsen dalam perhimpunan dana umat yang bertujuan untuk Mendidik dan menyelamatkan generasi muda, membangun serta meningkatkan indeks pembangunan manusia di Jawa Barat.

“visi membangun Indeks pembangunan manusia di Jawa Barat dan Indonesia pada umumnya, “Ucap Wahyu.

Saat ini,  GIS telah memiliki lembaga Pendidikan formal Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Gema Insan Cendekia ( SMP IT GIC) yang berada di Cengkong Purwasari Karawang yang di miliki Yayasan GIS.

“Semoga Amil Zakat GIS lebih Amanah dan terpercaya, kualitas kerjanya meningkat, dan bekerja dengan ikhlas,” harap Wahyu.

Ketua Umum Yayasan GIS,  Wahyu Widodo,  S. Ikom (kiri) ,  dan Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Ditjen Bimas Islam,  Kemenag RI,  H Muhammad Fuad Nasar,M.Sc memberi keterangan pers usai acara Launching Lembaga Amil Zakat GIS,  di Bekasi,  minggu (22/4)
Ketua Umum Yayasan GIS, Wahyu Widodo, S. Ikom (kiri) , dan Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Ditjen Bimas Islam, Kemenag RI, H Muhammad Fuad Nasar,M.Sc memberi keterangan pers usai acara Launching Lembaga Amil Zakat GIS, di Bekasi, Minggu (22/4)

Sementara itu, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Ditjen Bimas Islam,  Kemenag RI,  H Muhammad Fuad Nasar,M.Sc dalam kesempatan yang sama mengungkapkan,  Apresiasi dan selamat kepada  Yayasan GIS yang telah menjadi salah satu lembaga Amil zakat yang akan bertugas menggali potensi zakat secara nasional.

“Saya terkesan dengan adanya visi LAGIS ini,  harapannya kehadirannya bisa  menambah kekuatan dan menambah simpul-simpul pengelola Zakat di negeri ini agar mamfaatnya bisa dirasakan orang banyak,”ujarnya.

“Lembaga Amil zakat bertujuan membentengi umat agar tidak jatuh pada jurang kemiskinan, “ujar Fuad.

Karenanya kata Fuad,  pengurus GIS bekerjalah secara profesional, dan amanah dengan prinsip-prinsip syariah.

Ia juga mengatakan,  Zakat bukan sekedar pengumpulan dana umat tapi juga bertujuan mengembangkan kekuatan dan potensi masyarakat.

“Katalisator perubahan masyarakat, menuju masyarakat sejahtera, ” pungkasnya.

Dr KH Sodikun,  Wakil Ketua MUI Pusat ikut mengapresiasi kerja pengurus GIS.

“Ini menjadi contoh di Jawa Barat, jika seandainya sampai kecamatan, dan kabupaten,  sekarang baru ada 10 (gerai zakat) tahun depan 12 dan seterusnya ini dahsyat dan luar biasa,” tegasnya.

Menurutnya,   kegiatan sosial yang dilakukan GIS sebagai wujud atau manifestasi kecintaaan pada anak bangsa yang membutuhkan uluran tangan.

“zakat bukan hal konsumtif tapi dibuat produktif contohnya wakaf, ” pungkasnya (HT)

About Redaksi 439 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

1 Comment

  1. Assalamualaikum maaf saya mau tanya saja tiba tiba dapat pesan w.a yg mengatasnamakan namakan yayasan ini apakah benar, 0852 2296 5747

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*