KRL Tujuan Rangkas Bitung Mulai Operasi Awal Tahun 2017

Dirut PT.KCJ M N Fadilah (ketiga dari kiri)

Budayabangsabangsa.com – Jakarta, Awal Februari 2017, PT. KAI Commuter Jabodetabek (PT.KCJ) mulai mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek hingga Stasiun Rangkas Bitung. Pengoperasian KRL ini dalam rangka mendukung target PT. KCJ untuk melayani 1,2 juta penumpang perhari pada 2019 mendatang. Seiring dengan pengoperasian KRL dari Angke ke Rangkas Bitung, maka stasiun Angke akan kembali dibuka untuk melayani naik turun penumpang KRL baik pengguna KRL Rangkas maupun Loop Line.

“Pembenahan untuk mendukung beroperasinya KRL (Rangkas Bitung) terus kami lakukan. Seluruh prasarana pendukung seperti gate elektronik, tangga untuk naik turun penumpang, dan loket kami targetkan rampung pada awal tahun ini, sehingga nantinya siap melayani penumpang,” kata Direktur Utama PT. KCJ, M. Nurul Fadilah dalam Konferensi Persnya tadi siang di Jakarta, Rabu (11/1/2017).

Untuk tahap awal, perjalanan KRL relasi Rangkas Bitung – Angke akan beroperasi sebanyak empat perjalanan dimulaiĀ  pagi pukul 04.50 (Rangkas Bitung – Angke) hingga sore hari pukul 15.10 (Angke – Rangkas Bitung).

SebelumĀ  pengoperasian KRL ini, Rangkas Bitung -Angke telah dilayani oleh lima kereta lokal. Nantinya akan berkurang menjadi hanya empat rangkaian setelah KRL beroperasi dan secara bertahap seluruh operasional kereta lokal akan digantikan dengan KRL mulai April 2017.

Data menunjukkan volume penumpang per hari lintas Bitung – Angke adalah sekira 5000 penumpang pada hari kerja dan 9000 penumpang per hari pada hari libur. Dengan beroperasinya KRL menggunakan satu rangkaian sepuluh kereta (SF 10), maka diprediksi jumlah penumpang juga akan meningkat.

“Penambahan volume pada lintas Rangkas Bitung -Angke dapat terjadi lantaran KRL memiliki daya angkut yang lebih banyak dibandingkan dengan kereta lokal,” ujar Direktur Operasional dan Pemasaran PT.KCJ, Subakir.

(HT)

About admin 269 Articles
Seorang Admin Yang Hobi dengan Berita dan Web Programming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*