Keluhan Warga Mengurus BPJS Gratis

Budayabangsabangsa.com – Jakarta Rabu 12/07/2017.

Dengan adanya BPJS masyarakat di Republik ini sangat terbantu dalam pelayanan kesehatan apalagi masyarakat yang miskin tapi sayangnya publikasi tentang proses penyelenggaraanya kurang dimengerti oleh masyarakat, apalagi perangkat pendukungnya juga mempengaruhi.

Warga Kelurahan Pegangsaan Dua Kecamatan Tg.Priok Kota Administrasi Jakarta Utara mengeluhkan dan kecewa dalam proses kepengurusan BPJS kesehatan yang gratis di puskesmas Kecamatan Kelapa Gading Jakarta Utara.

Ibu yang tidak mau menyebutkan indetitasnya menuturkan kronologi pembuatan data BPJS Gratis kepada media “bahwa beliau mendaftarkan keluarganya untuk mengikuti program pelayanan kesehatan secara gratis yaitu BPJS di puskesmas kecamatan kelapa gading, petugas puskesmas menyatakan proses kepengurusannya hanya dalam waktu 1 hari masa kerja, tapi kenyatanya berbeda pada anggota keluarganya yang terakhir didaftarkan prosesnya memakan waktu hingga 4 bulan sehingga membuat narasumber kecewa.

Narasumber mendaftar BPJS gratis yang belum pernah mendaftarkan dalam kategori BPJS yang lain.

Saat dikonfirmasi ke puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, petugas pelayanan yang menangi BPJS bapak Randon dan Siallagan menjelaskan ke media, bahwa kepengurusan BPJS itu ada beberapa kategori yaitu : BPJS mandiri pindah menjadi BPJS gratis dimana pemegang BPJS tersebut melakukan pembayaran secara berkala dalam berbagai kategori kelas pelayanan medis sesuai yang dipilihnya, dalam proses kepengurusan ini butuh waktu sekitar 1 minggu karena prosesnya ada keterkaitan pihak puskesmas dengan instansi BPJS.

Selanjutnya BPJS ketenagakerjaan dalam proses ini bisa memakan waktu 1 bulan karena adanya perubahan dari BPJS yang pelayanan medisnya ditanggung oleh tempat bekerja menjadi BPJS kesehatan yang selanjutnya menjadi BPJS gratis.

Dan yang terakhir BPJS gratis yang belum pernah mendaftarkan diri ke BPJS apapun, dimana warga tidak dipungut biaya dan proses ini 1 hari selesai warga hanya membawa dokumen indentitas diri ke puskesmas, yang dimaksud 1 hari selesai jika dalam kepengurusan tersebut daya tampung pelayanan pihak puskesmas tercukupi.

Pengamatan media pihak Badan Penyelengara Jaminan Sosial ( BPJS ) beserta pelayan medis seperti Rumah sakit ataupun puskesmas lebih gencar lagi untuk mensosialisasikan tentang pelayanan medis yang gratis maupun berbayar karena belum semua masyarakat memahaminya, yang dapat disimpulkan oleh masyarakat hanya menggarisbawahi kata Gratis yang artinya bebas biaya, dan prosesnya cepat atau instan.

( Zul )

About Redaksi 454 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*