Inilah Strategi Jitu Polri Untuk Mencegah Kejahatan Skimming di Perbankkan.

Budayabangsabangsa.com – Jakarta, Selasa.

Kejahatan di sektor perbankan, skimming, terus mengintai para nasabah. Kejahatan yang terbilang canggih tersebut bukan hanya membikin resah nasabah dan masyarakat, tetapi juga mencoreng reputasi dari perbankan Indonesia. Maka dari itu, diperlukan strategi untuk mencegah kejahatan skimming.

Dalam acara tersebut telah hadir, Kadiv Humas Setio Wasito, Iqbal, Arga Budi direktur Bank BRI, Nara sumber perwakilan Wartawan perbankan Eko Supriyanto, Danil Tahi Monang Silitonga, Rudiatmoko, Beny Rahman Ibrahim, peserta mahasiswa Dari UI dan Wartawan.

Pengamat perbankan dan dosen tetap Ilmu Hubungan Internasional UNAS Jakarta, Hilmi R. Ibrahim, menuturkan bahwa penguatan regulasi merupakan hal yang penting untuk menjaga reputasi perbankan nasional, termasuk untuk mencegah kejahatan skimming, yang bertempat di hotel di Radja Jakarta Selatan, Selasa 10/04/18.

“Oleh karena itu, batas waktu implementasi penuh pengguna cip kartu debit perlu dievaluasi dan dipercepat agar kejadian serupa tidak terjadi,” ujar Hilmi di acara Forum Promoter Polri 2018 di Hotel Diradja, Jakarta Selatan, Selasa (10/4/2018).

MBBB-20180410-0097

Kombes (Pol), Daniel Tahi Monang Silitonga, menjabarkan beberapa kegiatan yang potensial menjadi target cyber crime dalam kegiatan perbankan antara lain layanan pembayaran menggunakan kartu ATM/kredit pada situs-situs toko online dan layanan perbankan online (online banking).

“Adanya cyber crime telah menjadi ancaman stabilitas, sehingga pemerintah sulit mengimbangi teknik kejahatan dengan teknologi kompuer,” ujar Daniel.

MBBB 2018-04-10 at 20.16.31

Menurut Daniel, ada solusi mengatasi cyber crime pada perbankan untuk individu dan masyarakat yakni sebagai berikut.

Melindungi identitas, jangan beritahukan pin ataupun saldo ataupun informasi tentang ATM anda kepada orang lain.Tidak mudah menerima sms, email, ataupun telepon dari seseorang yang memberikan ataupun menanyakan informasi terbaru tentang ATM anda kecuali dari pihak yang berwenang dan lebih memastikan lagi jikalau itu dari pihak yang berwenang.

Mengelola dan mengontrol penggunaan akses aktifitas internet banking serta melindungi komputer pribadi dari serangan cyber crime. Memiliki pengetahuan dan kesadaran akan menggunakan internet dengan baik serta risiko akan dunia maya.Membuat salinan dokumen pribadi jikalau terjadi pencurian data. Membuat pin ATM, m-banking, e-banking yang kemungkinan orang lain tidak mengetahuinya dan mudah diingat Danil menyampaikan dengan penuh harapan.

Wartawan: sutarno

About Redaksi 421 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*