Hobi Main Game? Lakukan Tips Ini Biar Tubuh Tetap Fit dan Gak Mudah Sakit!

IMG_20200726_011618
Sumber: pinterest.com

Budayabangsabangsa.com – Main game memang menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan dan ampuh menghilangkan stres. Tapi, karena keasyikan main game bukan berarti kamu mengabaikan kesehatan tubuh lho. Menjaga kesehatan tentunya menjadi hal yang sangat penting agar tubuh tetap fit buat melakukan berbagai aktivitas, pekerjaan, dan juga main game jadi makin asyik.

Oleh karena itu, buat kamu yang hobi banget main game, menjaga kesehatan perlu banget buat kamu lakukan. Nah, supaya kamu tetap bisa asyik main game dan menjaga kesehatan, ikuti beberapa tips di bawah ini yuk!
1. Berikan Asupan Makan yang Bernutrisi

IMG_20200726_013840

Main game kadang suka bikin lupa waktu. Salah satunya waktu buat makan. Walau gak seberat kegiatan fisik, tapi otak kamu juga butuh asupan nutrisi lho. Kamu pastinya juga sering mikir berat untuk mengatur strategi atau cara biar bisa menang dan menyelesaikan level game. Ini juga akan berdampak ke fisikmu. Maka dari itu, makanlah makanan yang bernutrisi tinggi dan juga sehat. Menyiapkan cemilan sehat saat main game juga gak ada salahnya.

2. Siapkan Minuman

IMG_20200726_012005
Sumber: pinterest.com

Kalau lagi asyik main game, bawaanya pasti malas. Oleh karena itu, sebelum melakukan kegiatan main game, sediakan dulu minuman segar atau air putih di dekat kamu supaya dapat kamu minum pas game-nya lagi loading.

3. Waktu Istirahat yang Cukup

IMG_20200726_012129
Sumber: pinterest.com
Pikiran dan badan kamu butuh istirahat yang cukup dari kesibukkan aktivitas dan pekerjaan sehari-hari. Main game yang sampai berjam-jam bisa berdampak buruk untuk kesehatan tubuh kamu. Makanya, jangan lupa buat memberikan waktu istirahat yang cukup setelah kamu bermain game yang cukup lama. Istirahat yang cukup juga bakal membuat pikiran dan badan jadi fresh kembali. Sehingga kamu bisa melanjutkan aktivitas dan main game esok hari dengan semangat.

4. Batasilah Waktu Buat Main Game

IMG_20200726_012250
Sumber: pinterest.com

Main game sampai gak kenal waktu sangat tidak baik buat kesehatan. Tubuh kamu dipaksa buat beraktivitas dan melihat layar monitor atau smartphone secara terus-menerus tentunya bakal bikin mata jadi sakit. Oleh sebab itu, batasilah waktu buat main game PC agar tubuh kamu bisa beristirahat sejenak. Kalau bisa bikin jadwal waktu khusus untuk main game.

5.Lakukan Kegiatan Fisik atau Olahraga

IMG_20200726_012352
Sumber: pinterest.com

Saat asyik main game, kegiatan fisik kamu pun berkurang. Supaya tubuh tetap bugar dan fit lakukanlah aktivitas fisik atau olahraga di sela-sela waktu main game. Kamu bisa melakukannya saat game sedang loading, waktu giliran main, atau memberikan waktu sejenak buat berolahraga ringan. Lakukanlah olahraga ringan seperti sit-up, push-up, atau sekedar peregangan tubuh. Jangan sampai kamu lupa buat melakukan olahraga atau aktivitas fisik karena keasyikan main game, ya!

6. Perhatikan Posisi Duduk

IMG_20200726_012519
Sumber: pinterest.com

Biar badan kamu gak cepat pegal karena main game sambil duduk dalam waktu lama, cobalah atur posisi duduk yang sesuai dan senyaman mungkin. Untuk main game, lebih baik gunakan kursi yang memiliki sandaran postur tubuh dan pastinya dengan bahan yang empuk biar nyaman dipakai duduk.

7. Atur Kecerahan Layar

IMG_20200726_012634
Sumber: pinterest.com
Bukan cuma posisi tubuh saja yang harus kamu perhatikan, kondisi kecerahan layar smartphone atau monitor juga tak kalah pentingnya. Layar dengan kondisi cahaya terlalu terang bakal menyilaukan mata serta mempengaruhi kondisi mata kamu. Begitu pula saat layarnya redup. Jadi, aturlah kecerahan layar yang pas dan nyaman agar mata kamu gak sakit.

Itu dia geng, tips menjaga kesehatan tubuh yang sudah kita simak sama-sama. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan, ya!

Redaksi
About Redaksi 865 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*