Habiburahman El Shirazy Menjadi Juri di Santri Festival 2019

budayabangsabangsa.com, Serang. Gelaran Santri Festival 2019 sudah dibuka kemarin di Halaman Stadion Sultan Maulana Yusuf Ciceri, Serang,  Banten, Jumat, 22 Maret 2019.  Acara yang dibuka langsung oleh Ketua Umum DPP ARBI, Dr. Ir. Lukmanul Hakim rencananya akan dihadiri Para tokoh santri antara lain KH Abuya Muhtadi, Yusuf Mansur,  Ustaz Habiburrahman El Shirazy, KH Cholil Nafis, Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi, dan Ustaz Zulfikar.

Event yang akan digelar selama tiga hari mulai 22-24 Maret 2019 akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti bazar murah,  lomba seni islami,  ceramah dan pentas hiburan.

Khusus Lomba puisi islami yang digelar hari ini di Pendopo Hotel Le Semar Serang yang diikuti 13 peserta menghadirkan juri yaitu  Habiburahman El Shirazy,  Nur Azizah dan Medi Humadi.

Habbiburahman El Shirazy atau Kang Ebik Sebagai juri Lomba Baca Puisi Religi di Santri Festival 2019 di Serang, Banten, Sabtu (23/3/2019)
Habiburahman El Shirazy atau Kang Abik Sebagai juri Lomba Baca Puisi Religi di Santri Festival 2019 di Serang, Banten, Sabtu (23/3/2019)

Habiburahman El Shirazy atau akrab disapa Kang Abik mengatakan, kata-kata itu bisa menyihir. “Apa itu Sastra? Islam itu sastra dan keindahan serta mengajak kebaikan,” ucap Kang Abik.

Puisi atau perkataan yang baik kata penulis Novel “Ayat-ayat Cinta”  dan “Ketika Cinta Bertasbih”  ini, selain  diksinya (pilihan kata) tepat dan detail, juga singkat, padat dan mengandung arti (berisi) sebagaimana dia mengutip perkataan seorang Sastrawan Arab Imam Al Jurjani.

Kang Abik melanjutkan,  pembaca puisi yang baik juga mereka yang hasil bacaannya sesuai atau mendekati bacaan dari pembuat puisi tersebut, memiliki interpretasi (menghayati) yang benar, pemenggalan katanya,  intonasi,  dan artikulasi serta ekspresi yang tepat.

Kang Abik memberi applaus kepada panitia (Santri Festival) karena telah mengangkat sastra khususnya puisi dalam lomba hari ini.

Ada yang menarik dalam lomba baca puisi kali ini,  sebab peserta bisa dengan leluasa tanpa batasan untuk membacakan puisi pilihannya sendiri sehingga juri bisa menilai kemampuan para peserta secara detail.

Hasil lomba puisi ini akan diumumkan malam nanti bersamaaan dengan pentas akbar yang akan dihadiri Kyai Ma’ruf Amin dan Raffi Ahmad dan Artis lainnya.

Redaksi
About Redaksi 700 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*