Fakta Jumat Menarik!

Budayabangsabangsa.com- Jakarta

Jumat merupakan salah satu hari yang dianggap istimewa oleh setiap orang. Di hari yang baik ini, setiap orang banyak melakukan aktifitas yang mampu meningkatkan kualitas hidup serta dirinya. Namun, ada beberapa fakta lain tentang hari jumat yang jarang diketahui oleh orang lain. Mau tahu penjelasannya? Yuk simak info berikut ini.

1. Asal Kata “Jumat”
Seperti nama hari-hari lainnya, kata jumat ini berasal dari bahasa arab yakni ‘jumuah’ yang artinya berkumpul/ramai. Seperti yang kita ketahui, di hari jumat ini akan ramai kaum laki-laki dari umat Islam yang hendak melaksanakan shalat jumat di masjid. Oleh sebab itu, pastinya suasana masjid yang dikunjungi akan terasa lebih ramai dari hari-hari biasanya.

2. Hari Jumat adalah Hari Penciptaan Nabi Adam A.S
Pada hari jumat ini umat islam percaya bahwa nabi Adam A.S diciptakan oleh Allah SWT. dan mewafatkannya, kemudian dimasukkan kedalam syurga, setelahnya diturunkan ia ke bumi, lalu di hari jumat pula Allah SWT. menerima taubat nabi Adam A.S.

3. Kepercayaan Umat Beragama
Selain dianggap sebagai hari yang istimewa, hari jumat juga memiliki kesan tersendiri bagi sebagian umat beragama. Biasanya hari jumat ini dikaitkan dengan kepercayaan suci tertentu yang seperti halnya umat islam yang percaya bahwa hari kebangkitan umat islam ataupun hari akhir (hari kiamat) akan terjadi pada hari jumat. Sementara bagi kaum nasrani dipercaya bahwa hari jumat sebagai hari dimana yesus kristus disalibkan meskipun hal tersebut masih menjadi perbincangan orang banyak.

4. Nama Dewi dari Jerman
Nama dewa dewi yang juga sering dikaitkan dengan nama-nama hari dalam bahasa inggris seperti halnya Thursday yang dikaitkan dengan Dewa Thor. Demikian juga Dewi Freya yang dipercaya oleh warga Jerman sebagai dewi kesuburan. Nama Freya sendiri diambil dari bahasa inggris yakni kata Friday (hari jumat) yang diadaptasikan menjadi freeya day.

5. Sindrom Hari Jumat
Di sebagian besar belahan dunia, hari jumat adalah hari terakhir bagi par pegawai melakukan pekerjaan sebelum hari berlibur keesokan harinya meskipun beberapa negara justru menjadikan hari jumat sebagai hari libur. Beberapa sikap yang diberikan oleh sebagian pegawai merasa senang dan seolah-olah merayakan datangnya hari jumat atau biasa disebut sebagai Friday Sindrom atau sindrom hari jumat. Sindrom ini bukanlah sebuah penyakit melainkan hanya sebuah perilaku dan sikap senang yang ditunjukkan oleh para pegawai atau pekerja.

Itulah beberapa fakta menarik yang harus kamu ketahui mengenai hari jumat. Selamat hari jumat. (ZUN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*