Cipkon Polres Kepulauan Seribu Bertujuan Berantas Narkoba

Budayabangsabangsa.com – Jakarta, Jajaran Polres Kepulauan Seribu menggelar Operasi Cipta Kondusif (Cipkon) di pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan. Sabtu (27/1/16).

Dalam kegiatan Cipkon hari ini dibawah pimpinan Ipda R Butar-butar melaksanakan pemeriksa barang bawaan para Wisatawan yang berlibur di pulau Untung Jawa. Tidak hanya barang bawaan yang diperiksa, untuk menjadikan Kepulauan Seribu yang bebas dari narkoba, para Wisatawan pun dicek urine masing-masing oleh Ur Dokkes Polres Kepulauan Seribu.

"Dari kegiatan Cipkon hari ini didapatkan dua botol miras jenis anggur dengan merk Kuda Mas. Tak hanya itu, dari hasil cek urine terhadap para Wisatawan didapatkan sebanyak dua orang yang positif menggunakan narkoba jenis sabu dan ganja. Kedua Wisatawan tersebut langsung kami amankan ke Mako Polres Kepulauan Seribu" Ujar Ipda Butar-butar saat menyampaikan hasil Cipkon.

Ada yang berbeda dikegiatan Operasi Cipta Kondusif yang digelar di Pulau Harapan Kepulauan Seribu Utara, Sabtu (27/2/16) kali ini. Selain Polisi berseragam Dinas, tampak Polisi berpakaian biru dan bertopi ala Koboy berdiri dengan gagahnya menunggu kapal yang mengangkut para wisatawan bersandar di dermaga pulau Kelapa.

Diresmikan pada tanggal 17 Pebruari 2016 oleh Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP John Weynart Hutagalung Sik, Polisi Pantai dibentuk sebagai respon Polres Kepulauan Seribu paska terjadinya beberapa kecelakaan Wisatawan yang menelan korban jiwa di Kepulauan Seribu. Polisi Pantai Polsek Kepulauan Seribu Utara mempunyai visi ke depan yaitu menciptakan daerah wisata yang aman dan nyaman.

Kapolsek Kepulauan Seribu Utara AKP Zaroki SH mengatakan “Polisi Pantai Kepulauan Seribu Utara memiliki kemampuan berenang pertolongan, sehingga siap memberikan pelayanan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman dalam berwisata.” Kata Kapolsek tentang Polisi Pantai Polsek Kepulauan Seribu Utara.

Cipta Kondusif atau yang biasa disingkat Cipkon adalah giat Kepolisian yang bertujuan untuk menciptakan rasa aman di lingkungan masyarakat. Di wilayah Polsek Kepulauan Seribu Utara, giat Cipkon secara rutin dilaksanakan  pada hari Sabtu dan Minggu atau di hari libur Nasional. Sasaran utama dalam kegiatan ini adalah mencegah beredarnya Narkoba, Miras dan Senjata Tajam di wilayah Kepulauan Seribu khususnya Kepulauan Seribu Utara.

Bersama dengan Satpol PP dan Dinas Perhubungan, Polsek Kepulauan Seribu Utara menggelar giat Cipkon di dua dermaga, yaitu Dermaga Pulau Pramuka dan Dermaga Pulau Harapan.

"Di Pulau Harapan dan Pulau Pramuka kami menggelar Cipkon secara rutin karena disanalah tempat yang paling banyak didatangi wisatawan. Namun tidak menutup kemungkinan Kami juga menggelar giat Cipkon di Pulau Wisata lain" Kata Zaroki.

Hadirnya Polisi Pantai yang mempunyai kemampuan khusus ini diharapkan dapat mencegah terjadinya kecelakaan wisatawan dan tindak pidana diwaktu liburan.

Brigadir Sultan, S.pd menyampaikan "Polisi Pantai siap melayani, semoga Polri semakin dekat dengan masyarakat dan semakin dicintai oleh Wisatawan" imbuh Sultan personil Polisi Pantai Polsek Kepulauan Seribu Utara saat ditanya tentang kesan dan pesan menjadi Polisi Pantai.(dhidie)

About admin 269 Articles
Seorang Admin Yang Hobi dengan Berita dan Web Programming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*