Candi Prambanan adalah Candi Tercantik di Dunia

Candi Prambanan adalah Candi Tercantik di Dunia

Budayabangsabangsa.com – Klaten, (04/01/17) Candi Prambanan adalah Candi Hindu tercantik di dunia. Candi ini merupakan bagian dari suatu gugusan percandian yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia pada tahun 1991. Gugusan ini terdaftar dalam dalam World Heritage List (daftar warisan dunia) dengan nomor C642 dan disebut secara resmi sebagai Prambanan Temple Compund ( gugusan percandian prambanan ). Gugudan candi ini terdiri atas candi prambanan dan juga candi sewu yang berlatar belakang agama Budha. Didalam areal taman wisata candi prambanan,masih terdapat 2 candi budha lainnya yaitu candi Lumbung dan candi Bubrah.

Kasie pastam ( pasilitas taman ) dan Museum Marjono menjelaskan ke media taman wisata candi prambanan saat ini diminati wisatawan Nusantara ( Wisnu ) maupun wisatawan Mancanegara (wisman) dalam catatan managent PT. Taman Wisata Candi ada peningkatan pengunjung dari tahun 2015 baik Wisnu ataupun Wisman,” tutur Marjono.

Masih penjelasan Marjono untuk Tahun 2016 Wisnu ( wisatawan nusantara ) pengunjungnya 1,873,198 jiwa sedangkan tahun 2015 1,649,300 ada peningkatan sekitar 14 %, sedangkan utk Wusman ada peningkatan10 % yaitu tahun 2015 1.895.850 meningkat di tahun 2016 2.089.190 jiwa.
Untuk saat ini pihak PT. Taman Wisata Candi masih berbenah untuk memberikan pekayanan maksimal bagi para pengunjung untyk memberikan kepuasan pelayanan yg terbaik dengan menambah pasilitas sarana dan prasarana seperti lahan parkir, kantin kuliner dll, tukas Marjono.

Kasie Pastam n Museum Candi Prambanan Marjono
Kasie Pastam  &  Museum Candi Prambanan, Marjono

Ibu Serepina Simatupang wisatawan yang datang dari Jakarta mengatakan cukup puas dengan mengunjungi candi prambanan dgn pasilitas yang ada dan pekayanannya, ibu serepina 44 tahun yg fatang bersama keluarganya menungkapkan harapannya agar pengunjung yg datang dapat menjaga kelestarian area candi agar tidak kotor dan tetap terpelihara dgn baik.

Sementara itu wiatawan yang datang dari Argentina mengatakan sangat terkesan dgn melihat langsung situs candi prambanan dan sangat kagum dgn Prambanan, ” we were very inpressed and amazed to see the beauty and grandeur of prambanan and also services provided by the temple officials. Ungkap mrs. Vira.

( sam & zul )

About Redaksi 454 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*