BPIKPNPA RI Mengapresiasi Kinerja BPIKPNPA RI Bandung Terhadap Penangkapan Kepala Lapas Sukamiskin Bandung

Drs. TB. Rahmad Sukendar, SH, MH

Budayabangsabangsa.com, Bandung, Sabtu. 21/07/2018, Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) memberikan apresiasi kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas penangkapan Operasi Tangkap Tangan (OTT) Kepala Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Sukamiskin Bandung.

IMG-20180721-WA0060

Dugaan suap dalam pemberian fasilitas terhadap Napi Koruptor di LP Sukamiskin sudah sangatlah tepat, dikarenakan, selama ini memang para Napi Koruptor senantiasa bermain dengan pihak Lapas dan juga bukan hanya di Lapas Sukamiskin saja, banyak praktik Pungli sering terjadi di Lapas maupun Rutan Kementerian Hukum dan HAM. Demikian, Tubagus Ahmad Kurtubi (Ki Bagus Banten), selaku Ketua DPD BPI KPNPA RI Kabupaten Bandung Baru-Baru ini

Lanjut, berdasarkan penelitian dari BPI KPNPA RI di lapangan, sudah banyak ditemui adanya praktik Suap maupun Pungli yang dilakukan oleh oknum di Lapas terhadap warga binaan.

Untuk hal tersebut, kami meminta kepada KPK, jangan hanya mengawasi di areal Lapas tertentu saja, namun harus juga turut melakukan pengawasan kepada semua Lapas di Indonesia, harap Ki Bagus, sapaan akrabnya.

IMG-20180721-WA0059

Sementara, terkait adanya Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lapas Sukamiskin, Ketua Umum BPI KPNPA RI memberi apresiasi kepada BPI KPNPA RI Kabupaten Bandung, yang dikomandoi Tubagus Ahmad Kurtubi yang hampir 3 bulan ini telah melakukan penelitian di Lapas Sukamiskin untuk melihat kebenaran dari adanya laporan warga masyarakat adanya praktik SUAP maupun PUNGLI yang kerap dilakukan oknum Lapas terhadap warga binaan Koruptor di Sukamiskin. Dan hasil dari penelitian maupun temuan tersebut, sudah dilaporkan BPI KPNPA RI Kabupaten Bandung kepada KPK yang mendapatkan respon positif dari Komisi Pemberantasan Korupsi, ujar Drs TB Rahmad Sukendar, dijumpai Budayabangsabangsa.com, di kediamannya.

Atas dasar laporan dari masyarakat, maka pihak KPK langsung melakukan Penindakan terhadap Kepala Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Sukamiskin Bandung, imbuh Rahmad.

Dalam kesempatan ini pula, disampaikan kepada semua jajaran BPI KPNPA RI, agar lebih pro aktif lagi dalam melakukan penelitian terkait adanya dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di daerahnya, baik yang sudah dilaporkan masyarakat, maupun dari hasil temuan di lapangan.

“Segera dibuatkan laporan tertulis didukung dengan bukti – bukti akurat! Nantinya akan diproses oleh pihak Penegak Hukum di Jakarta, dan apabila ada hambatan maupun rintangan yang dialami oleh Anggota BPI KPNPA RI didalam melaksanakan tugas di lapangan, dapat berkordinasi dengan pihak Kepolisian agar di dalam melakukan ‘pullbaket data’ dapat berjalan dengan baik tanpa adanya hambatan dari pihak manapun juga, dengan harapan, dapat meminimalisir adanya kerugian keuangan negara,” pungkasnya.

( Tim )

 

Redaksi
About Redaksi 571 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*