Black Out di Jabodetabek dan Sebagian Wilayah Pulau Jawa

Budayabangsabangsa.com – Jakarta

Pemadaman listrik ini terjadi di sejumlah kawasan Jabodetabek pada Minggu (4/8/2019) sekitar pukul 11.48 WIB. Listrik yang mati di sebagian wilayah Jakarta ini mulai menyala lagi sekitar pukul 18.00 WIB. Namun ada juga yang sampai pukul 21.00 WIB baru menyala.

IMG-20190805-WA0020Menanggapi hal ini, Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN I Made Suprateka mengatakan, pemadaman ini terjadi bukan tanpa alasan, melainkan karena ada gangguan di sejumlah pembangkit listrik di Pulau Jawa.

Dilansir dari Kompas.com bahwa pihak I Made Suprateka meminta maaf atas terjadinya pemadaman listrik yang membuat transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan dan disertai trip seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa.

Dan hal lainnya juga terdapat gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV mengakibatkan padamnya sejumlah kawasan Jawa Barat, seperti Bekasi, Bandung, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi, dan Bogor.

“Sekali lagi, kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini. Kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal,” ujar I Made.

Setelah itu, PLN pun segera melaksanakan scanning assesment kondisi Ground Steel Wire (GSW) setipe. Selain itu, unit pelayanan pengaturan beban (UP2B) PLN melakukan perubahan pengaturan beban untuk meminimalisir pemadaman. (ZUN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*