Bahaya Konsumsi Air Putih Terlalu Banyak!

Budayabangsabangsa.com

Air merupakan senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang terdapat di dunia ini. Dari sudut pandang biologi pun, air merupakan hal terpenting karena memiliki sifat-sifat yang dibutuhkan oleh makhluk hidup dalam proses metabolisme. Dan yang mungkin belum kita tahu, dalam tubuh manusia terdapat dari 55% sampai 78% nya itu adalah air, tetapi tergantung dari ukuran badan setiap orang.

Agar air putih dapat berfungsi secara baik, untuk itu tubuh manusia membutuhkan sekitar satu sampai tujuh liter air setiap harinya untuk menghindari terjadinya dehidrasi, dan yang pastinya tergantung pada tingkat aktivitas yang di lakukan, suhu, kelembaban, dan berbagai faktor lainnya. Sebagian besar orang percaya, jika manusia membutuhkan 8-10 gelas per hari. Tetapi, dalam sebuah hasil penelitian yang diterbitkan Universitas Pennsylvania tahun 2008, menunjukan bahwa konsumsi 8 gelas air per hari tidak terbukti banyak membantu dalam menyehatkan tubuh. Terkadang beberapa orang jika minum berlebihan dari yang dianjurkan dapat menyebabkan ketergantungan.

Literatur medis lainnya menyarankan konsumsi 1 liter air per hari, boleh ditambah jika sedang berolahraga atau pada cuaca yang panas. Meminum air putih memang menyehatkan, tapi jika berlebihan dapat menyebabkan Hiponatremia yaitu ketika natrium dalam darah menjadi terlalu encer, menyebabkan kerusakan otak, koma, bahkan kematian.

Ciri-ciri jika anda terlalu banyak mengonsumsi air putih:

1. Urine Berwarna Bening Jika Urine anda hampir bening itu pertanda jika anda harus mengurangi jumlah konsumsi air.
2. Sering Terasa Mual  Minum air berlebihan dapat membuat ginjal bekerja lebih berat untuk mengeluarkan kelebihan air.
3. Sering Sakit Kepala  Jika anda sering merasa sakit kepala, ada kemungkinan anda kelebihan mengonsumsi air putih. Karena rendahnya sodium dalam darah menyebabkan sel membengkak, yang dapat membuat ukuran otak membesar sehingga menyentuh tengkorak dan menimbulkan sensasi berdenyut yang menyakitkan.
4. Sering Mengalami Kram Otot  Elektrolit merupakan elemen penting untuk tubuh, yang dapat membuat otot berkontraksi saat olahraga. Jika anda terlalu banyak mengonsumsi putih, maka kadar elektrolit dalam darah akan turun dan menyebabkan kram serta kejang otot.

Mengonsumsi air putih harus sesuai dengan kebutuhan tubuh kita, janganlah berlebihan. Selamat membaca & Semoga bermanfaat.

(ASN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*