Badan Sehat dan Segar Karena Mandi Air Hangat

Budayabangsabangsa.com – Jakarta

Mandi merupakan kebiasaan yang dilakukan seseorang ketika badan sudah merasa tidak nyaman (kotor, gerah, gatal-gatal, dsb). Sebagian orang ada yang suka mandi  dengan air dingin atau juga dengan air hangat.

Namun menurut pakar kesehatan, mandi dengan air hangat memang lebih dianjurkan, daripada mandi dengan air dingin. Hal ini dikarenakan manfaatnya yang baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Mandi Air Hangat

Berikut 5 manfaat mandi dengan air hangat untuk kesehatan tubuh.

1. Menyembuhkan Flu dan Sakit Kepala
Mandi air hangat dilakukan untuk memperlancar sirkulasi darah yang mampu membantu meringankan sakit kepala. Dan juga bertindak sebagai dekongestan alami, untuk meredakan hidung yang tersumbat.

2. Melembabkan Kulit
Selain merasa segar setelah mandi air hangat, dengan ini juga mampu membersihkan kotoran-kotoran dan minyak berlebih yang menempel di permukaan kulit. Hal itu yang membuat kulit menjadi terasa lembab dan lembut.

3. Melemaskan Otot Yang Kaku
Otot yang kaku disebabkan karena  tertariknya otot atau kekurangan oksigen yang dibutuhkan. Kondisi tersebut mengakibatkan peredaran darah tidak lancar. Untuk itu, cara melenturkan kembali otot yang kaku adalah dengan cara menyiraminya dengan air hangat.

4. Memperlancar Peredaran Darah
Peredaran darah yang tidak lancar disebabkan oleh menggumpalnya cairan sehingga alirannya lambat bahkan terhambat. Oleh sebab itu, dengan menaikkan sedikit suhu cairan maka akan memuaikan cairan yang menggumpal sehingga aliran peredaran darah kembali normal.

5. Melepas Racun dalam Tubuh
Zat yang bersifat racun biasanya berasal dari dalam tubuh yang merupakan hasil eksresi yang tidak dapat dikeluarkan. Namun, jika hal tersebut didiamkan maka semakin lama akan meracuni tubuh kita sendiri. Dengan demikian, ketika kita mandi air hangat maka pori-pori akan terbuka, sehingga pengeluarannya akan menjadi lebih mudah. Dan sumbatan pada pori-pori pun bisa terlepas dan terbuang.

Namun, jika penggunaan air hangat yang berlebihan juga dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan dan menimbulkan penyakit lainnya. Maka dari itu, untuk penggunaannya dianjurkan sesuai dengan kondisi tubuh yang membutuhkan. (ZUN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*