Awas!!! Hati – Hati Berenang Diancol, Kawasan Pantai Wisata Ancol Tercemar Limbah

Budayabangsabangsa.com – Jakarta, Tahun 2016 adalah tahun dimana Ancol yang merupakan Icon Pantai Wisata terbesar di Jakarta dilanda limbah, ada limbah yang diduga disengaja atau sudah menjadi kebiasaan para pengelola wisata di Ancol membuang limbah ke Laut (Pantai Ancol). Pasalnya, sudah dua kali dalam tahun 2016 Jutaan Ikan di Pantai Wisata Ancol (Beach Pool) mati akibat limbah yang dibuang ke Pantai tersebut, menurut sumber yang dapat dipercaya, limbah yang dibuang ke Pantai Ancol diduga berasal dari perumahan dan resto – resto yang ada di kawasan Pantai Ancol.

Pengunjung Ancol Kecewa

Setelah Agustus lalu Ancol dihebohkan dengan jutaan ikan yang mati, kini Minggu (30/11/16) Jutaan Ikan pun kembali mati akibat air laut tercemar limbah, para wisatawan yang berkunjung ke Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) kembali disuguhkan tontonan yang menyebalkan, matinya jutaan Ikan di Beach Pool Ancol tersebut membuat udara yang tak sedap, bau menyengat tidak sedap sterhirup oleh para pengunjung, tampak beberapa pengunjung merasa tidak nyaman, beberapa pengunjung yang hendak renangpun mengurungkan niatnya.

whatsapp-image-2016-10-30-at-6-25-02-pm
Tampak pemandangan ikan mati dipantai Wisata Ancol

Akibat kejadian tersebut, para wisatawan tidak nyaman,berwisata ke pantai ancol yang notabene adalah bagian dari 12 titik destinasi wisata pantai. Agung (37 th) pengunjung asal Depok saat dikonfirmasi oleh awak media, ia mengatakan pantai Ancol sekarang sudah bukan lagi tempat rekreasi yang indah dan nyaman, saya jauh jauh datang dari Depok sengaja ingin menikmati suasana pantai, sampai disini malah pantainya bau dan banyak ikan yang mati..ujar Agung.

Hasil investigasi awak media yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Republik Indonesia Jakarta Utara, banyaknya ikan yang mati di kawasan wisata pantai TIJA itu diduga berasal dari limbah RO, yakni perusahaan yang bergerak penyediaan air bersih/air tawar dimana prosesnya air laut yang diolah menjadi air tawar. Dugaan lain limbah yang mencemari pantai ancol ini adalah akibat limbah kompleks dan apartement yang di buang ke pantai, hal tersebut terbukti dengan adanya temuan pipa yang belum lama ini ditanam oleh pihak pengelola apartemen dengan diameter 10 inci yang menjorok ke bibir pantai kawasan wisata tersebut.

Terkait banyaknya ikan yang mati di kanal area Atlantis beberapa waktu yang lalu diduga juga berasal dari limbah RO, kepada awak media, ibu Rika yang saat ini menjabat sebagai Komunikasi ManagerAncol mengatakan,saat ini pihaknya juga sedang mencari tau terkait banyaknya ikan yang mati dikawasan Wisata Pantai Ancol. Rika juga mengatakan bahwa setiap minggu management kawasan Wisata Pantai Ancol telah menguji LAB air laut yang berada di kawasan pantai tersebut.

Saat dikonfirmasi oleh awak media Kasudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara Rusman Sagala, mengatakan dirinya akan menindaklanjuti masalah tersebut, selain itu menurut keterangan praktisi Lingkungan Hidup DKI Jakarta Binsar Hutagalung mengatakan”ini sudah pelanggaran amdal dan ada unsur kesengajaan yang dilakukan oleh Management Taman Impian Jaya Ancol (TIJA).dalam menjaga ekosistem.” Pungkasnya.

Redaksi
About Redaksi 538 Articles
Penggiat Sosial dan Kemanusiaan

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*