Anies Baswedan Buka Musrenbang Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2021, Seracara Serempak

IMG-20210329-WA0051
Budayabangsabangsa.com, Jakarta utara-  Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2021 secara daring. Terlaksananya Musrenbang secara serentak atas dukungan dan kolaborasi cerdas, tuntas serta ikhlas dari seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan Jakarta yang Maju Kotanya dan Bahagia Warganya. 

“Program satu sama lain harus saling menopang. Kemudian prioritaskan dengan anggaran yang ada seoptimal mungkin untuk kepentingan masyarakat dan menyiapkan stimulus dalam menggerakan perekonomian. Nantinya, ide dan gagasan yang terkait masalah menahun supaya menjadi perhatian dan perlu percepatan,” ungkap Anies saat memberikan arahan dalam kegiatan Musrenbang tingkat Kota/Kabupaten, Senin (29/3). 

Ia berharap pelaksanaan Musrenbang di wilayah DKI Jakarta bisa berjalan dengan baik. Rumusan yang dihasilkan di wilayah harus sinkron dengan kebijakan yang ada di provinsi dan pusat.  “Curahkan semua ide, inovasi dan gagasan tentang pembangunan yang berkualitas dan memberikan manfaat bagi semuanya. Begitu juga yang menyangkut hal-hal mendasar masyarakat, pastikan semua ini berjalan baik,” pesannya. 
IMG-20210329-WA0047
Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, Musrenbang Tahun 2021 sangat strategis dikarenakan sebagai tahun terakhir pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD) Tahun 2017-2022 dalam rangka menyusun bahan masukan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2022 yang memiliki tema Peningkatan Perekonomian Masyarakat Berbasis Kota Ketahanan. 

Dijelaskannya, ada beberapa rencana program prioritas wilayah Jakarta Utara Tahun 2022 yang mendukung pelaksanaan Kegiatan Strategis Daerah(KSD) Nomor 66 yaitu penataan Kawasan Pasar Ular Permai dan Pasar Ular Plumpang, penguatan sektor UMKM dalam rangka pemulihan ketahanan ekonomi, pemulihan industri pariwisata dan ekonomi kreatif.
IMG-20210329-WA0054
Selanjutnya, peningkatan ketahanan pangan, reformasi sistem kesehatan, penataan Kawasan Pendidikan Terintegrasi Rawa Badak Utara dan peningkatan kualitas pendidikan. 

“Rencana program prioritas wilayah tersebut juga untuk mewujudkan peningkatan ketahanan kota pasca COVID-19 terutama bagi upaya pemulihan ekonomi dan aktivitas kehidupan masyarakat Jakarta Utara. Selain itu, sesuai peran dan fungsinya Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara memberikan dukungan terhadap kegiatan Provinsi DKI Jakarta seperti revitalisasi Masjid Luar Batang, penataan Kampung Aquarium, penataan Danau Sunter Selatan, naturalisasi Kali BGR dan Pompa BGR, naturalisasi Kali Krapu serta pembangunan Jembatan Kali Betik,” terang Ali.(zul)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*