Tingkatkan Kualitas Tidur Anda Dengan Cara Ini

Ingin jam istirahat anda sehat kembali? Yuk intip tips-tips nya !!

Sudah dibuktikan oleh kita semua bahwasanya dengan istirahat yang cukup dan tentunya teratur, akan membuat tubuh kita kembali fresh walaupun telah melakukan aktifitas yang cukup menguras tenaga. Kendati demikian, jam tidur seseorang dapat saja berubah karena beberapa faktor antara lain kebiasaan tidur yang tidak menentu, perasaan tertekan dan juga aktivitas yang terlalu berlebihan hingga larut malam.

Mengembalikan jam tidur yang normal dan sesuai dapat membuat anda lebih bahagia dan sehat secara keseluruhan.

Berikut ini tips untuk mengembalikan jam tidur yang sehat bagi Anda. Mari simak informasinya seperti dilansir New York Post, Selasa (18/6/2019).

1. Bangun Lebih Awal

Bangunlah dua hingga tiga jam lebih awal dari biasanya dan maksimalkan pencahayaan luar ruangan di pagi hari. Ini bisa jadi langkah pertama yang bisa Anda lakukan. Penelitian telah menunjukkan bahwa cahaya mengurangi produksi hormon melatonin yang merangsang tidur. Jadi, membuka tirai Anda untuk membiarkan matahari masuk, sarapan di teras, atau dekat jendela dapat memberikan dorongan semangat di pagi hari. Ditambah, bangun pagi lebih awal dapat membantu Anda merasa mengantuk lebih awal pada
malam hari.

2. Padamkan Lampu Kamar

Di malam hari ketika Anda ingin terlelap, batasilah paparan cahaya dari lampu kamar maupun gadget selama dua hingga tiga jam sebelum tidur. Ini berfungsi meningkatkan kadar melatonin dan memberi isyarat pada tubuh Anda bahwa inilah saatnya untuk melepas lelah.

3. Disiplin dengan Jadwal

Cara untuk menjaga jam tidur agar tetap normal dan sehat adalah disiplin dengan jadwal tidur Anda setiap hari, tidak peduli apakah itu hari kerja atau libur.

4. Atur Jam Makan Anda

Pola makan Anda rupanya juga berpengaruh pada pola tidur. Oleh sebab itu, demi menjaga jam tidur tetap normal, Anda bisa mengonsumsi sarapan sesegera mungkin setelah
bangun tidur. Makan siang pada waktu yang sama setiap hari, dan jangan makan malam setelah jam 19.00 WIB. (NK)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*