10 Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Budayabangsabangsa.com

Rasa percaya diri sangatlah penting bagi setiap orang. Karena percaya diri merupakan suatu kolaborasi antara keyakinan pada kemampuan dan penghargaan terhadap diri sendiri. Jika tidak memilikinya tentu orang tersebut akan merasa minder bahkan menjauh dari kehidupan lingkungan sekitar. Memiliki rasa percaya diri juga menjadi nilai plus bagi seseorang. Dengan percaya diri ini, kita akan lebih mudah untuk melakukan berbagai hal. Rasa percaya diri akan tumbuh jika ia melatih dirinya sejak dini. Nah, beberapa tips ini bisa Anda coba untuk melatih kepercayaan diri Anda terhadap orang lain.

10 Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri

1. Buang jauh-jauh pikiran negatif Anda
Pikiran negatif biasanya memang mengambil control lebih besar di bawah alam sadar. Karena itu, Anda harus membuang pikiran negatif tersebut dengan mengatakan bahwa “Saya bisa!”, “Saya pasti mampu!”, “Saya akan coba itu!”, dengan semangat yang menggebu-gebu dan menyingkirkan semua suara-suara pesimis yang akan menghalangi Anda untuk bangkit.

2. Mengganti pikiran negatif menjadi pikiran positif
Pikiran positif akan timbul kalamana Anda terus memikirkannya. Maka dari itu, mulailah memikirkan hal-hal yang positif setiap harinya.

3. Selalu hadirkan Tuhan disetiap kegiatan Anda
Dengan menghadirkan Tuhan disetiap kegiatan Anda, maka tidak bisa dipungkiri bahwa Anda akan merasa mudah untuk menghadapi segala masalah yang datang di kehidupan Anda. Selain itu, Anda akan memiliki backing yang Maha Kuat dan akan membantu Anda dalam setiap kesulitannya.

4. Perbaiki penampilan
Rasa percaya diri akan bertambah jika Anda memiliki penampilan yang mampu memikat perhatian orang lain dan mampu membuat orang lain yakin terhadap apa yang akan Anda sampaikan. Jadi, mulailah perhatikan penampilan Anda untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda.

5. Pikirkan SATU kelebihan Anda
Agar Anda percaya diri untuk menghadapi segala persaingan dimanapun dan kapanpun, Anda harus mengetahui apa kelebihan Anda dibanding pesaing Anda.
Oleh karena itu, renungkan sejenak dan pikirkanlah satu kelebihan pada diri Anda yang tidak dimiliki orang lain.

6. Memperluas Informasi
Percaya diri dapat diwujudkan jika Anda memiliki banyak pengetahuan. Tanpa pengetahuan percaya diri yang Anda miliki hanya menjadi omong kosong.
Jadi, mulailah untuk membaca lebih banyak buku dan memanfaatkan informasi gratis yang bertebaran di jejaring sosial (internet).

7. Lakukan 5S kepada orang yang Anda temui
Senyum, Sapa, Salam, Santun, dan Sopan adalah salah satu tips untuk membuat orang lain merasa bahwa Anda adalah orang yang supel dan cara tersebut mampu mencairkan suasana juga memberi kesan pertama yang positif.

8. Mempersiapkan bahan yang akan Anda bicarakan
Anda sering merasa nerveos saat hendak menyampaikan sesuatu kepada khalayak umum? Hal itu bisa dipastikan karena kurangnya bahan yang Anda siapkan untuk anda sampaikan. Namun, jika Anda mau mulai mempersiapkan diri dan materi sebaik mungkin maka hasilnya juga akan lebih baik.

9. Lihatlah diri Anda di cermin dan tersenyumlah
Penelitian tentang teori umpan balik wajah mengungkapkan bahwa ekspresi wajah yang Anda buat akan mempengaruhi otak untuk membangun atau memperkuat emosi tertentu. Jadi, jika Anda bercermin dengan tersenyum dan hal itu dilakukan setiap hari maka Anda bisa merasa lebih bahagia dengan diri sendiri dan lebih percaya diri.

10. Hindari untuk menjadi yang paling sempurna
Jika Anda merasa bahwa segalanya harus dilakukan dengan sempurna, maka Anda tidak akan pernah bisa melakukannya. Karena hal tersebut akan menjadi penghalang bagi Anda untuk mencapai tujuan.

Selamat diterapkan dan semoga Anda semakin memiliki percaya diri yang besar! (ZUN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*